Belum Coba Makanan Khas Makassar Ini, Anda Berarti Belum ke Makassar

Makasar sebagai daerah yang terkenal sejak kesultanan Hasanudin memiliki banyak makanan khas yang dapat Anda nikmati. Rugi rasanya jika Anda datang ke Makasar tapi tidak mencoba beberapa makanan khas disana. Ada beberapa jenis makanan khas Makasar yang dapat Anda pilih, diantaranya:

  1. Pisang Epe

Pisang Epe adalah salah satu jajanan khas Makassar, makanan ini terbuat dari pisang yang dibakar lalu di epe ( digepengkan / dipipihkan ) dan disiram dengan gula merah cair ber-aroma durian. Pisang Epe ini juga bervariasi, ada yang ditaburi kelapa sangrai, keju , coklat ataupun kacang panggang.

  1. Barongko

Barongko adalah makanan penutup khas daerah Bugis-Makassar yang dibuat dari buah Pisang Kepok matang yang dikukus dengan daun pisang. Dahulu paada masa pemerintahan kerajaan di Sulawesi Selatan, Barongko merupakan makanan penutup yang mewah, dan hanya disajikan untuk Raja-raja, dan disajikan pada moment-moment tertentu, seperti acara perkawinan, ulang tahun, dan lain. lain. Untuk menambah cita rasa dan selera, bahan dasar Barongko biasanya ditambah dengan irisan buah Nangka atau Kelapa muda.

makanan khas makassar

  1. Coto Makassar.

Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi  yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto makasar dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan “burasa”.

Kapurung adalah salah satu makanan khas tradisional di Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat daerah Luwu (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur) Makanan ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Di daerah Maluku dikenal dengan nama Papeda. Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran.

  1. Sop Saudara.

Makanan unik yang dapat ditemui di Kota Makassar, namanya Sop Saudara. Sop Saudara merupakan masakan khas daerah yang berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar seperti daging sapi/kerbau yang dimasak dengan aneka bumbu dan disajikan bersama nasi putih atau ketupat dengan Ikan Bakar sebagai tambahan lauknya.

  1. Sop Konro.

Sop Konro adalah salah satu makanan khas dari Makasar. . Makanan ini disajikan dalam dua bentuk, yaitu sop berkuah maupun dibakar dengan bahan-bahan dasar seperti tulang rusuk sapi atau kerbau, dimasak/dibakar dengan bumbu ketumbar, jintan, sereh, kaloa, bawang merah, bawang putih, garam, vitsin yang sudah dihaluskan. Sop Konro pada umumnya disajikan/dimakan bersama nasi putih dan sambal. Rasanya sangat Khas dengan bumbu yang sangat terasa.

  1. Barobbo’

Barobbo adalah bubur jagung khas Bugis Makassar, rasanya enak dan mengenyangkan. Barobbo’ adalah campuran irisan jagung muda, sayur-sayuran, ayam atau udang yang dimasak dan menjadi bubur yang super lezat. Di sudut kota Makassar ada beberapa warung yang menyediakan kuliner ini, tetapi di daerah Sulawesi selatan biasanya setiap musim jagung tiba ini adalah menu yang mempersatukan, seringkali kita mendengar Barobbo’ Party/ pesta barobbo.

Itulah taddi beberapa makanan khas dari daerah Makasar. Selain dari beberapa jenis makanan dan minuman yang sudah disebutkan di atas, saya yakin masih ada jenis makanan dan minuman lain dari daerah Makasar yang belum tercantum dalam artikel ini.