Ini Dia Berat Badan Ideal Ibu Hamil dari Awal Sampe 9 Bulan

Pada trimester pertama berat badan ibu hamil akan meningkat relatif sedikit atau belum ada peningkatan sama sekali, bahkan berat badan cenderung berkurang karena biasanya ibu hamil muntah-muntah. Berat badan akan meningkat tajam saat sudah memasuki trimester ke-2 dan 3. Pada priode inilah berat badan harus dikontrol dengan benar.

Normalnya, berat badan akan bertambah sebanyak 12-15 kg selama kehamilan. Pada trimester ke-2 janin akan tumbuh hingga 10 gram per hari. Pada mingggu ke 16 bayi akan tumbuh sekitar 90 gram, minggu ke-20 sebanyak 256 gram, minggu ke 24 sekitar 690 gram, dan minggu ke 27 sebanyak 900 gram.

BERAT BADAN IDEAL IBU HAMIL

Beberapa sumber menggolongkan kenaikan berat badan normal saat hamil berdasarkan indeks masa tubuh Anda sebelum masa kehamilan.

berat ideal ibu hamil

Idealnya, berat badan calon ibu saat mulai kehamilan berkisar antara 45 sampai 65 kg. berat badan yang berlebih (overweight) dapat menimbulkan risiko pada ibu maupun janin dalam kandungan.

Berikut ini beberapa dampak yang ditimbulkan bada ibu kelebihan berat badan saat hamil:

  1. Ibu berisiko terkena diabetes dan hipertensi.
  2. Tumbuhnya kuman penyebab infeksi pada lemak yang tertimbun di lapisan kulit.
  3. Pertumbuhan bayi terhambat akibat plasenta yang berguna untuk menyuplai ok.
  4. Kecerdasan anak berkurang akibat rusaknya sel-sel otak yang tidak tersuplai oksigen.
  5. Anak mengalami gangguan paru-paru.

berat badan ibu hamil

Demikianlah penjelasan berat badan yang ideal bagi ibu hamil. Untuk tetap menjaga kesehatan kehamilan Anda dapat melakukan olah raga yang rutin dan tidak berlebihan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga jumlah kalori yang ada dalam tubuh Anda sehingga meskipun hamil Anda akan dapat beraktivitas seperti biasa. Jaga berat badan Anda demi kesehatan calon buah hati tercinta.