Penting Ini Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui Wajib Tahu

            Walaupun sudah melahirkan, asupan nutrisi tetap penting lho. Terlebih ibu harus menyusui. Apapun yang dikonsumsi oleh ibu, akan dikonsumsi juga oleh bayi yang sedang menyusui sehingga asupan makanan yang bergizi tetaplah harus dijaga. Salah satu makanan yang banyak mengandung nutrisi adalah buah. Lalu buah apa saja yang baik untu ibu menyusui?

buah baik untuk ibu menyusui

  1. Bluebery

            Ibu menyusui harus mendapatkan dua atau lebih porsi buah atau jus setiap hari. Bluberi, kaya akan antioksidan, adalah pilihan yang sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral dan karbohidrat dalam dosis yang sehat untuk menjaga tingkat energi.

buah yang baik untuk ibu menyusui

  1. Jeruk

                Mudah ditemukan dimana-mana dan bergizi, jeruk sangat penting karena ibu menyusui membutuhkan vitamin C dosis tinggi, bahkan lebih banyak daripada ibu hamil. Tidak dapat menemukan waktu untuk duduk untuk mengupas jeruk? Minum jus jeruk memberikan manfaat yang sama. Beberapa jus jeruk yang dijual di supermarket sekarang bahkan telah diperkaya dengan kalsium, sehingga ibu dapat memperoleh manfaat ganda.

  buah ibu menyusui

  1. Pepaya

            Pepaya kaya vitamin A, vitamin C, asam folat, dan kalium. Papaya juga rendah kandungan kolesterol, lemak jenuh dan natrium. Pepaya mempunyai kandungan lebih banyak 33% vitamin dan 50% kalium dibanding jeruk. Buah pepaya baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui. Kekurangan kalium dapat menyebabkan perubahan suasana hati menjadi seperti depresi, sementara saat menyusui ibu perlu berpikiran positif dan bahagia. Buah pepaya dapat dimakan langsung, atau dibuat mix juice dengan buah lain.

  1. Semangka

            Semangka kaya vitamin A dan C, kalium serta asam folat, namun rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol dan natrium. Buah semangka baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin A ibu menyusui yang satu setengah kali lipat lebih banyak daripada perempuan yang tidak menyusui. Kadar air yang tinggi pada semangka juga baik untuk asupan cairan tubuh. Dalam sehari, ibu menyusui setidaknya minum 8 gelas cairan setiap hari, baik dalam bentuk air putih, jus, the, kopi tanpa kafein, dan susu. Semangka dapat dikonsumsi dengan dibuat jus.

  1. Jambu Air

            Jambu air kaya vitamin A, C, kalsium, fosfor, dan zat besi. baik untuk emmenuhi kebutuhan kalsium yang meningkatkan fungsi otot dan saraf, serta vitamin A yang berguna untuk melindungi sistem kekebalan tubuh bayi dan meningkatkan ketahanannya terhadap infeksi. Buah yang kadar airnya cukup tinggi ini bersifat mendinginkan sehingga memberikan rasa memenangkan saat dimakan, bisa menetralisir rasa tertekan pada ibu pasca melahirkan. Jambu air bisa dikonsumsi secara langsung, atau dengan bumbu rujak.