Tips Praktis Cara Membuat Manisan Mangga Simpel & Cepat

Mangga merupakan buah yang memiliki cita rasa yang manis, warnanya yang kuning membuat seseorang ingin menikmatinya. Buah mangga ini sangat mudah didapatkan dimana saja, bahkan kalau sedang musim harganya sangat murah mriah.

Ada berbagai macam nama-nama mangga, di antaranya adalah, mangga manalagi, talijiwa, mangga madu, mangga golek, dan mangga arumanis. Dari berbagai varean jenisnya mangga yang paling enak adalah mangga madu, rasanya mantap, meski masih mentah pun akan terasa manis.

 cara membuat manisan mangga

Nah selain dapat dikonsumsi sebagai buah mangga juga dapat dibuat manisan, namun anda masih bingung bagaimana cara membuat manisan dari bahan baku mangga ini?

Ok mari simak baik-baik uraian berikut ini.

manisan mangga

Resep membuat manisan mangga dan mangga mengkel:

Bahan dan alat-alat:

  1. Sekilo mangga muda atau mangga mengkal, dipotong kecil-kecil lalu dicuci bersih.
  2. Kapur sirih secukupnya.
  3. Air sebanyak 150 ml.
  4. Gula pasir sebanyak 350 gram.
  5. Sesendok makan garam.
  6. Cabai rawit sesuai selera.

Cara membuat manisan mangga:

cara manisan mangga

Masukkan mangga yang sudah dipotong tadi ke dalam toples atau wadah, rendam dengan air dingin ditambah dengan kapur sirih, rendam selama semalam, kemudian buang airnya. Keesok harinya buatlah sirup racikkan pertama, yang terbuat dari air, gula pasir, garam, yang sudah direbus terlebih dahulu. Dinginkan, selanjutnya masukkan ke dalam toples yang berisi potongan mangga. Racikkan sirup pertama kembali dibuang keesok harinya. Yang terakhir rebus air dan gula sampai mendidih, dinginkan setelah itu tuang ke dalam toples yang berisi potongan mangga, kemudian dinginkan ke dalam lemari es, supaya dapat tahan lama. Bila anda suka dengan sentuhan rasa pedas, bisa ditambah dengan potongan cabai rawit.

Resep membuat manisan mangga yang kering:

Selain manisan di atas ada juga manisan mangga yang kering, berikut resepnya:

Bahan-bahan manisan mangga kering:

  1. Siapkan lima buah mangga muda yang mengkal.
  2. 1kg gula pasir.
  3. 30 gram sitrun asam.
  4. 1,5 gram anti-oksidant.
  5. 3,5 Sodium benzoate.
  6. Air bersih sebanyak 3 liter.

Bahan perendam manisan mangga kering:

  1. Sodium benzoate sebanyak 3,5 gram.
  2. Sitrunsit asam sebanyak 2,5 gram.
  3. 2 kg gula pasir.
  4. 3 Liter air bersih.

Cara membuat manisan mangga kering:

  1. Bersihkan terlebih dahulu mangga sebelum dikupas, kemudian kupas mangga, pisahkan daging buah dari biji, cuci kembali hingga bersih, potong atau serat sesuai selera.
  2. Panaskan air hingga mendidih kemudian angkat, masukkan anti-oksidant lalu aduk sampai rata. Masukkan mangga dan rendam selama lima menit, setelah itu angkat mangga dan tiriskan.
  3. Campur semua bahan-bahan perendam manisan mangga, panaskan hingga mendidih, angkat dinginkan, masukkan mangga kedalam air tersebut, biarkan selama kurang lebih 12 jam. Kembali angkat dan dinginkan.
  4. Larutan tadi jangan dibuang sebab akan dicampurkan kembali dengan gula sebanyak 1 kg dari bahan utama. Campurannya kemudian dipanaskan kembali dengan suhu api sekitar 70-80 derajat Celsius dengan dorasi kurang lebih 10 menit.Setelah itu angkat dan dinginkan, larutan tersebut. Yang terakhir kembali masukkan mangga ke dalammnya dan rendam lagi selama kurang lebih 12 jam, setelah genap 12 jam angkat dan tiriskan mangga.
  5. Supaya mangga kering masukkan mangga ke dalam mesin pengering atau dijemur dibawah sinar matahari, atau dapat juga dengan menggunakan oven dengan suhu 60 derajat Celsius.
  6. Setelah dipanggang mangga tersebut dicampur dengan larutan gula sisa adonan pertama sebanyak 500 gram, diaduk sampai merata kemudian kembali dipanggang, selama kurang lebih 3 jam. Angkat mangga dan dinginkan, setelah dingin segera kemas atau masukkan ke dalam toples atau wadah.

Nah demikian ulasan mengenai resep membuat manisan mangga, sangat mudah bukan?Jika anda ingin menjadikan manisan mangga ini sebagai peluang usaha anda, maka anda dapat mencoba resep-resep di atas.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semua para pembaca yang sejati.