Ketahuilah Ini Ciri-ciri Negara Maju Berdasarkan Data dari Bank Dunia

Anda mungkin sering mendengar ada istilah Negara maju dan Negara berkembang. Adanya istilah tersebut pastilah ada perbedaan diantaranya keduanya. Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Sedangkan menurut Bank Dunia pada tahun 2007, suatu negara bisa dikatakan Maju jika : US $11,456 atau lebih. Tentu saja ini pendapatan perkapitanya sangat tinggi dan inflasinya rendah dan ada juga yang mengatakan tingkat korupsi yang rendah menjadi salah satu indikator suatu negara dikatakan sebagai Negara maju.

Beberapa cirri Negara dapat disebut sebagai Negara maju adalah:

  1. Sebagian Besar Pendapatan Negara Berasal dari Industri dan Jasa.

Di negara maju, seperti Amerika Serikat atau beberapa bangsa Eropa lain lebih mengutamakan mata pencaharian di bidang industri seperti Elektronik, Otomotif, Kuliner dan lain-lain. Selain itu juga mereka mempunyai jasa yang bagus dalam hal pendidikan, keuangan dan sebagainya

 ciri-ciri negara maju

  1. Pendapatan Perkapita Tinggi.

Negara maju memiliki pendatapan perkapita (pendapatan rata-rata penduduk /tahun) yang besar. Bisa lebih dari $11,456.

  1. Tingginya Tingkat Pendidikan.

Mutu pendidikan yang bagus bisa menunjang perekonomian di negera tersebut. Selain itu angka buta hurufnya kecil, pemerintah di negara maju juga mengedepankan kemandirian dan kecakapan hidup siswa.

  1. Rendahnya Tingkat Pengangguran.

Mutu pendidikan yang bagus, lapangan kerja yang banyak juga merata membuat tingkat pengangguran di negara maju terbilang kecil.

ciri negara maju

  1. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Rata-rata bangsa barat juga negara seperti Jepang memiliki perkembangan teknologi yang pesat. Berbagai sektor perdagangan di bidang teknologi mereka kuasai. Masyarakat juga cenderung menerima perkembangan teknologi ini karena memang merasakan dampak nyaman dan pekerjaan mereka terasa lebih cepat selesai.

negara maju

  1. Lambatnya Laju Pertumbuhan Penduduk.

Di negara maju, laju pertumbuhan penduduknya rendah. Tingkat kelahiran yang rendah dan kematian bayi yang rendah pula menjadikan negara maju tidak kelebihan penduduk. Kenapa? Karena masyarakat sadar akan perencanaan keluarga, fasilitas kesehatan yang bagus, penundaan usia pernikahan dan banyaknya wanita berkarir di dunia kerja.

Penjelasan di atas adalah cirri-ciri dari Negara maju. Apakah Negara kita sudah termasuk Negara maju? Apapun kondisinya itulah Negara kita yang harus kita cintai dan bela bersama.