Jika Emosi Ibu Hamil Terjadi, Inilah yang Mesti Dilakukan

Hampir dapat dipastikan bahwa semua ibu hamil tentu akan merasakan perubahan emosi disetiap semesternya. Hal ini disebabkan aktivitas hormonal yang meningkat pesat dan sebagian karena faktor fisik yang membuat ibu hamil merasa kurang nyaman.

Berikut penjelasan beberapa kondisi emosi ibu hamil berdasarkan trimester:

  1. Trimester Pertama

Pada trimester awal ini kondisi psikologis ibu hamil akan campur aduk dengan rasa cemas dan bahagia. Emosi menjadi sangat sensitif, mudah menangis, mudah lelah, dan takut terjadi sesuatu pada kehamilannya. Hal itu disebabkan oleh faktor hormonal. Trimester awal ini ibu hamil sangat membutuhkan perhatian, pengertian serta komunikasi yang baik dengan pasangan agar ibu hamiltetap merasa nyaman selama menjalani masa-masa ini.

  1. Trimester Kedua

Pada umumnya ditrimester kedua emosi ibu hamil akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Hal ini disebabkan secara psikologis sudah mampu beradaptasi dengan perubahan bentuk tubuhnya. Trimester ini disebut juga periode keemasan karena ibu hamil sudah menikmati masa kehamilannya.

emosi ibu hamil

  1. Trimester Ketiga

Pada trimester terakhir sudah terlihat jelas kondisi perut yang semakin membesar. Hal ini tentu akan mengakibatkan ibu hamil mengalami kesulitan untuk bergerak, mudah lelah, dan cemas. Keadaan emosi pun kembali susah dikendalikan, bahkan lebih sensitif daripada trimester pertama. Ditrimester terakhir sebaiknya ibu hamil berbagi informasi dengan orang-orang yang sudah pernah merasakan kondisi serupa dengan ibu hamil atau memperbanyak pengetahuan seputar kehamilan dari buku, majalah, atau internet untuk menghilangkan kekhawatiran menjelang persalinan. Pada trimester ini juga disarankan agar ibu hamil menjaga pola makan yang sehat serta berolahraga secara teratur. Dalam kondisi seperti ini peranan suami sangatlah penting sebagai pemberi motifasi dan memberi rasa aman pada ibu hamil.

Demikian tadi artikel mengenai keadaan emosi pada ibu hamil. Kepada para suami jagalah istri Anda, khususnya saat-saat kehamilannya.