Minum Obat Fg Troches Untuk Ibu Hamil Aturan Mengkonsumsi

F.G Troches adalah nama dagang obat golongan antiseptik mulut dan tenggorokan yang diproduksi oleh PT. Meiji Indonesia. Kandungan obat ini adalah antibiotic Fradiomisilin sulfat 2,5 mg dan Gramisidin-S HC 1 mg. Fradiomisin adalah antibiotik yang efektif membunuh bakteri gram negatif, sedangkan Gramidisin adalah antibiotik yang efektif membunuh bakteri gram positif. Kedua obat ini dikombinasikan untuk dapat membunuh spectrum bakteri yang luas. F.G Troches tersedia dalam bentuk tablet yang diindikasikan untuk meredakan infeksi pada radang tenggorokan, radang gusi, radang amandel, sariawan, dan radang lainnya pada rongga mulut.

 fg troches ibu hamil

Bagi ibu hamil yang sering mengalami masalah pada tenggorokan seperti radang tenggorok, tentu obat F.G Troches ini merupakan solusi untuk mengurangi penderitaan. Namun apakah F.G Troches aman untuk dikonsumsi ibu hamil?

         alesanarock Sebenarnya F.G Troches adalah obat yang relative aman untuk ibu hamil dan jarang menyebabkan efek samping yang serius. Efek sampingnya berupa kemerahan pada rongga mulut, kehitaman pada lidah, penurunan nafsu makan, mual atau gangguan saluran cerna. Walaupun relative aman, hendaknya ibu hamil menghindari konsumsi obat apapun dan penggunaannnya harus sesuai dosis, karena dosis tinggi pada jangka panjang akan mengakibatkan kerusakan sel saraf, sel pendnegaran, dan atau sel ginjal.

minum obat fg troches ibu hamil

       F.G Troches termasuk mudah larut pada saluran lendir. Penggunaan obat ini adalah dengan dihisap atau diletakan di bawah lidah, untuk dosis orang dewasa adalah 1-2 tablet, dosis tersebut dapat dikonsumsi 4-5 kali pertablet. Penggunaan obat ini disaranlan untuk tidak melebihi 7 hari.

       Untuk ibu hamil penggunaan F.G Troches harus sudah dikonsultasikan pada dokter, apabila dokter memperbolehkan, maka F.G Troches bisa dikonsumsi, tapi obat ini tetap dilarang untuk ibu hamil yang mempunyai riwayat hypersensitive terhadap aminoglikosida seperti streptomsin, kanamisin, gentamisin, fradimosin dan basitrasin.