Ibu Hamil Susah Buang Air Besar

Ibu Hamil Susah Buang Air Besar

Ibu hamil sering sekali mengalami masalah pencernaan, salah staunya adalah masalah buang air besar. Biasanya ibu hamil susah mengalami buang air besa, sehingga membuat ibu hamil tidak nyaman. Masalah buang air besar terjadi akibat dari meningkatnya hormon progesteron. Hormon progesteron yang tinggi mengakibatkan otot plos pada usus besar menjadi relaks. Akibatnya kerja usus besar menjadi lamban sehingga akan tinggal lebih lama di dalamnnya, tapi dibalik masalah tersebut ada manfaat yang dapat diambil, yaitu penyerapan zat gizi lebih panjang sehingga tubuh dapat menyerap lebih. Namun apabila terlalu lama sembelit juga akan membahayakan ibu hamil.

 susah buang air besar ibu hamil

           http://alesanarock.com Pad tahap kehamilan menginjak usia 6-9 bulan atau pada masa trimester ketiga bulan, perut ibu hamil sudah semakin membesar masalah susah buang air besar akan sering terjadi, karena rahim yang membesar akan lebih banyak menekan daerah perut. Lalu bagaimana agar masalah sembelit pada ibu hamil bisa teratasi? Berikut adalah tips mengatasi masalah susah buang air besar.

  1. Ibu hamil diharapkan memakan banyak serat yang banyak terkandung pada buah-buhan, dan sayur-sayuran segar. Selain itu mengonsumsi serela, gandum, bijian, polong-polongan, beras merah jga dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuan serat perhari.
  2. Hindari makanan berserat rendah agar tidak menyumbat sisa makanan di usus.
  3. Ibu hamil diharapkan untuk banyak mengonsumi air putih yang berfungsi untuk melunakkan tinja di dalam usus serta melancarkan gerakan bahan makanan melewati usus. Minum juga air putih hangat, karena cairan hangat dapat merangsang kontraksi usus agar tubuh kita lebih mudah buang air besar.
  4. Ibu hamil diharapkan tidak menunda buang air besar karena akan mengakibatkan otot pada usus besar menjadi lemah, sehingga mengakibatkan sembelit di kemudian hari.
  5. Ibu hamil tidak dianjurkan untuk makan terlalu kenyang, lebih baik ibu hamil makan dengan porsi kecil tapi dnegan intensitas yang sering.
  6. Ibu hamil diharapkan untuk memulai olahraga ringan yang aman untuk ibu hami, tubuh yang aktif akan mendukung usus di dalamnya menjadi aktif juga. Berjalan selama setengah jam akan sangat membantu.

 bab ibu hamil