Pertanyaan: Ibu Hamil Boleh Makan Mie instan? Pakar Menjawab

Mie instan adalah mie yang sudah dimasak terlebih dahulu dan dicampur minyak, dan bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu-bumbu yang sudah ada dalam paketnya.

Mie instan adalah makanan praktis yang enak, apalagi dengan rasanya yang semakin beragam pasti mengundang selera, segala usia suka dengan makanan itu, tapi bolehkah ibu hamil mengonsumsi mie instan?

  makan mie instan ibu hamil

Ibu dalam masa kehamilan sangat membutuhkan asupan gizi dan nustrisi yang didapatkan sehari-hari. Asupan gizi dan nutrisi tesebut didapat dari konsumsi ibu hamil. Ibu hamil biasanya akan membutuhkan asupan nustrisi yang lebih dari biasanya karena harus memberi makanan yang cukup untuk janin yang ada di dalam kandungan. Lalu bagaimana jika ibu hamil mengonsumsi mie instan? Seperti yang sudah kita ketahui bahwa di dalam mie instan terdapat zat aditif dengan tujuan untuk membuat makanan menjadi lebih nikmat, menguatkan rasa khas makanan, memberikan warna, atau pengawet. Sebenarnya zat aditif tersebut tidak hanya terdapat pada mie instan, tapi makanan instan lainnya. Zat aditif tersebutlah yang berbahaya bagi ibu hamil, apalagi apabila zat tersebut terlalu sering untuk dikonsumsi. Adapun beberapa kerugian yang bisa terjadi pada saat seseorang khususnya ibu hamil terlalu sering mengonsumsi makanan-makanan instan salah satunya adalah dampak negatif pada jaringan otak.

mie instan ibu hamil

Ibu hamil yang baru masuk pada masa kehamilan trimester pertama adalah fase yang paling rawan terjadinya keguguran pada kandungan, sehingga ibu hamil diharapkan untuk selalu berhati-hati terutama pada apa yang dikonsumsi. Ibu hamil yang makan mie instan terlalu sering dan lama dalah terganggunya metabolisme tubuh, bahkan ibu hamil dapat mengalami obesitas, padahal kelebihan badan adalah hal yang seharunya dihindari pada saat kehamilan. Hal tersebut karena mie instan memiliki kandungan lemak dan juga natrium dalam jumlah besar sehingga air di dalam tubuh bisa tertahan, apalagi mie instan juga masuk dalam golongan junk food meskipun juga mengandung sejumah gizi dan karbohidrat. Mie instan juga mengandung lemak jenuh yang banyak sehinga adapat mengakibatkan ibu hamil mengalami gangguan kesehatan.

mie instan hamil

alesanarock.com Lalu bagaimana jika ibu hamil begitu ingin memakan mie instan? Ada yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dampak mie instan untuk ibu hamil, Berikut ini adalah langkah yang disarankan untuk mengolah mie instan agar aman bagi ibu hamil.

  1. Mengganti air rebusan.

Air rebusan mie instan ketika dimasak pertama kali sering kita lihat berwarna kuning. Hal ini menandakan bahwa ada lapisan lilin yang berfungsi untuk bahan pengawet makanan. Air rebusan inilah yang harus dibuang dan diganti dengan rebusan baru, karena apabila dikonsumsi apalagi dikonsumsi oleh ibu hamil akan mengakibatkan kesehatan menurun.

  1. Menambahkan sayuran hijau

Sayuran sepeti sawi yang dimasak untuk melengkapi mie instan berguna untuk menyeimbangi kandungan karbohirat dan nutrisi fortikasi yang terdapat pada Mie instan sehingga kebutuhan gizi terpenuhi.

  1. Mengganti bumbu instan dnegan bumbu buatan sendiri.

Kandungan bumbu yang terdapat pada mie instan mengandung MSG dan garam yang apabila dikonsumsi berlebihan akan mengakibatkan berbagai masalah pada kandungan. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya ibu hamil mengganti bumbu mie instan denga bumbu dapur olahan sendiri. Hal tersebut dinilai jauh lebih aman.

  1. Minimal konsumsi 1 kali makan dalam jangka waktu 3 hari.

Membatasi konsumsi makanan instan tak terkecuali mie instan sangatlah penting, karena apapun bila dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan masalah kesehatan.