Bolehkah Gak Ibu Hamil Makan Udang? Baca Ini Dulu Yaaa

MAKAN UDANG SAAT HAMIL

Saat sedang  hamil, asupan makanan sangat penting diperhatikan oleh calon ibu. Banyak mitos mengatakan bahwa ibu  hamil tak boleh makan  udang, hal itu dianggap udang bisa mengakibatkan sesuatu yang buru buruk bagi si janin. Ada lagi mitos lain yang menganggap bahwa ibu  hamil yang gemar mengonsumsi  udang dapat membuat bayi terserang eksim nantinya. Udang juga bisa menimbulkan keracunan, apalagi bila bumil menikmatinya sambil minum air jeruk.

Pertanyaannya adalah sebenarnya bolehkah ibu  hamil makan  udang ? Bagaimana bila ibu  hamil sedang ngidam, bukankah ada  mitos lain yang mengatakan bila ngidam tidak dituruti kelak sang anak jadi sering “ngeces”?

Namanya juga mitos. Ternyata apa yang dipercaya para ibu  hamil sekian lama tersebut tidak benar. alesanarock akan membahas ini lebih detail ya.

Menurut Laura Riley, seorang direktur persalinan di Massachusetts General Hospital dan penulis buku You and Your Baby: Pregnancy menyatakan udang aman dikonsumsi oleh ibu  hamil. Udang termasuk kategori jenis makanan laut yang rendah merkuri.

ibu hamil makan udang

Contoh makanan laut rendah kalori lainnya adalah ikan salmon, ikan pollack, sarden, dam ikan lele yang ternyata sangat aman dikonsumsi ibu  hamil.

Meskipun begitu, menurut Laura ibu  hamil sebaiknya membatasi konsumsi jenis-jenis ikan ini, yakni tidak lebih dari 350 gram per minggu.

“Belilah ikan di tempat yang memang menyediakan produk-produk yang disiapkan dengan baik. Anda tidak ingin mendapat udang yang tidak segar kan?” kata Laura, sambil menyarankan untuk menghindari  udang mentah atau yang belum benar-benar matang.

Yang seharusnya dihindari oleh ibu hamil adalah jenis makanan laut yang kaya akan zat merkuri seperti hiu, ikan dori, tilefish, maupun ikan makarel. Ikan yang tinggi kandungan merkurinya dapat memicu sel kanker pada janin. Udang yang sudah tidak segar juga mengandung parasit dan bakteri, serta zat arsenik yang bisa memicu keracunan.

Jadi, kesimpulannya tak masalah jika Anda ingin makan  udang saat hamil. Dengan catatan memilih  udang yang segar dan bersih. Pastikan juga Anda  telah memasak  udang sampai matang.