Apa Jadinya Jika Ibu Hamil Minum Soda? Hati-hati!

Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi adalah air yang dikarbornasi dan dibuat berdasarkan efervesen dengan penambahan gas karbon dioksida di bawah tekanan.

            Pada trimester pertama, ibu hamil tak jarang mengalami mual-mual yang biasanya terjadi pada pagi hari. Beberapa ibu hamil meminum soda untuk mengatasi mual-mual tersebut, tapi sebenarnya bolehkan ibu hamil meminum minuman bersoda?

Hamil minum Soda

            alesanarock.com Menurut penjelasan dr. Yulianti Sp.OG dari RS. Medika Permata Hijau Jakarta, minuman bersoda mengakibatkan beberapa masalah seperti masalah obesitas atau kegemukan, darah tinggi, menurunkan daya tahan tubuh dan osteoporis, ngeri bukan? Namun hal tersebut bisa saja terjadi karena satu kaleng minuman bersoda bisa mengandung hingga 12 sendok teh gula. Minuman bersoda umumnya mengandung banyak gula, asam fosfat, karbonat, bahan pengawet dan kefein.

            Penelitian menunjukkan bahwa gula dapat melemahkan kemampuan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat sehingga daya tahan tubuh menurun. Padahal selama hamil, ibu dituntut untuk selalu sehat karena daya tahan tubuh yang menurun tentu saja dapat mengakibatkan gampang terserang penyakit. Selain itu pemanis buatan yang terdapat dalam soda menyebabkan seseorang lebih berpotensi terkena masalah obesitas pada kehamilan. Oleh karena itu minuman bersoda sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil terutama yang sudah memiliki berat badan berlebih, kegemukan meningkatkan resiko diabetes dan bila ibu hamil mengalami masalah ini, bayi umumnya akn tumbuh terlalu besar dan akan sulit untuk dilahirkan.

Ibu Hamil Minum Soda

            Kandungan asam fosfat yang terdapat pada minuman bersoda dengan kadar yang tinggi mengakibatkan meningkatnya asupan fosfor dalam tubuh, sehingga meningkatkan resiko terhambatnya penyerapan kalsium dalam tubuh dan berdampak pada penurunan tulang. Padahal janin dalam kandungan sangat membutuhkan asupan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Soda juga dapat beresiko menjadi penyebab osteoporosis pada tulang.

            Kafein pada minuman bersoda memacu timbulnya tekanan darah tinggi, jika ibu hamil mengalami kondisi ini, kemungkinan terjadinya bayi lahir prematur akan semakin besar resikonya.

Ibu Hamil Soda