Apakah Ibu Hamil Boleh Naik Pesawat? Wajib Baca Dulu

pesawat ibu hamil

Bagi yang hoby melakukan perjalanan, pesawat adalah salah satu transportasi yang menjadi pilihan karena kenyamanannya. Apalagi sekarang banyak sekali tiket pesawat yang harganya cukup terjangkau, sehingga layak untuk diperhitungkan, tapi bagaimana jika yang melakukan perjalanan adalah ibu hamil? Bolehkan melakukan perjalanan menggunakan pesawat?

 apa boleh naik pesawat ibu hamil

Sebenarnya naik pesawat bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan tidak jadi masalah. Menurut organisasi kebidanan dan kandungan di Amerika Serikat menyatakan bahwa perjalanan pesawat terbang bagi ibu hamil dapat dikategorikan aman, akan tetapi perjalanan tersebut tidak dilakukan terlalu sering dan tetap mempertimbangkan usia kandungan yaitu di bawah usia 36 minggu, serta tidak memiliki komplikasi penyakit tertentu. Namun ada tips yang bisa digunakan agar ibu hamil senantiasa sehat saat perjalnan jauh menggunakan pesawat tanpa adanya ganggaun pada janin. Berikut adalah tipsnya

  1. Sebelum berangkat, hendaknya ibu hamil melakukan pemeriksaan di dokter kandungan untuk memastikan bahwa tubuh dalam keadaan sehat. Kondisi kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh pada kondisi janin di dalam kandungan. Sehingga memastikan ibu hamil dalam keadaan sehat saat naik pesawat adalah hal yang penting.
  2. Ibu hamil sebaiknya membawa vitamin yang sudah dikonsultasikan kepada dokter kandungan, karena tumbuh kembang bayi sangat tergantung dengan asupan nutrisi dari ibunya maka vitamin merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan agar aktivitas ibu hamil tetap menyenangkan tanpa mengabaikan kebutuhan janin.
  3. Menggunakan pakaian yang nyaman. Agar ibu hamil bisa beraktivitas dengan bebas saat dalam perjalalanan, hendaknya ibu hamil memilih pakaian yang nyaman. Pakaian yang nyaman untuk ibu hamil seperti pakaian yang longgar sehingga tidak mendesak perut ibu hamil. Pilih juga bahan yang dapat meresap keringat sehingga tidak gampang merasa gerah.
  4. Memperhatikan usia kandungan. Usia kehamilan yang diperbolehkan naik pesawat adalah hingga kandungan berusia 32 sampai 34 minggu. Setelah usia tersebut ibu hamil cenderung beresiko kalau harus naik pesawat dalam kondisi kandungan yang sudah besar. Namun biasanya maskapai penerbangan mempunyai peraturan tertentu untuk batasan usia kandungan.
  5. Sebaiknya sebelum melakukan perjalanan menggunakan pesawat ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan, sehingga ibu hamil lebih yakin dengan kondisi kesehatannya.
  6. Sebelum melakukan penerbangan biasanya maskapai meminta ibu hamil untuk melampirkan surat keterangan kesehatan untuk memastikan bahwa ibu hamil dalam kondisi yang baik-baik saja untuk melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

 mudik pesawat ibu hamil