Fakta Mengenai Ibu Hamil Susah Tidur! Calon Bunda Wajib Tahu

Ternyata gangguan tidur bisa menyerang semua lapisan masyarakat, tak terkecuali seorang ibu hamil. Hal itu disebabkan pada ibu hamil memang banyak perubahan yang terjadi pada rahim yang dirasakan oleh para bumil ketika sedang menjalankan masa-masa kehamilannya tersebut. Sehingga tentunya penyebab ibu hamil sulit tidur malam perlu diketahui dan juga harus segera diatasinya karena memang pemenuhan kebutuhan istirahatbagi para ibu hamil penting dalam rangka menjaga kesehatan kehamilannya itu sendiri.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California di San Francisco menyatakan bahwa para wanita hamil yang tidur kurang dari 6 jam per malam memiliki kemungkinan menjalani operasi caesar 4,5 kali lebih besar.

Diperkirakan 78 persen wanita mengalami kesulitan tidur saat hamil. Perubahan hormon yang terjadi ketika hamil merupakan salah satu penyebab yang menimbulkan ketidaknyamanan sehingga akan berefek dan menyebabkan berkurangnya jam tidur. Meningkatnya progesteron membuat ibu hamil lebih mengantuk di siang hari terutama pada trimester pertama dari kehamilannya.

Ibu hamil dengan obesitas juga kerap tidur mendengkur dan sering ke kamar mandi saat malam hari. Keadaan ini menyebabkan berkurangnya jam tidur.

Hasil penelitian dari Center for Perinatal Studies di Swedish Medical Center, Seattle, Amerika Serikat menemukan fakta bahwa kurang tidur ketika hamil berisiko terjadinya preeklampsia, yakni suatu kondisi dimana tekanan darah meningkat selama masa kehamilan. Masih menurut penelitian tersebut menyatakan ibu hamil yang tidur kurang dari 6 jam pada malam hari pada trimester pertama kehamilan memiliki tekanan darah sistolik 4 mm/Hg (tekanan darah batas atas) lebih tinggi dibanding ibu hamil yang tidur lebih dari 7 jam. Akibatnya? Risiko terkena preeklampsia pun meningkat menjadi 9 kali lebih tinggi.

Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut.

Berikut beberapa tips atasi sulit tidur wanita hamil yang dilansir dari Essential Baby antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Jangan khawatir Tentang Insomnia.

Jika Anda tidak bisa tidur, jangan berbaring di tempat tidur dan memaksa mata Anda terpejam. Bangunlah dari tempat tidur dan lakukan beberapa kegiatan misalnya membaca, merajut, menulis d jurnal, merenda baju bayi, atau mandi air hangat. Aktivitas yang menenangkan dan lambat laun ‘membosankan’ bisa membuat Anda lebih mudah terlelap. Hindari membaca dari tablet atau handphone serta mengecek media sosial, email, atau berita di malam hari.

  1. Perhatikan Posisi Tidur Yang Nyaman

Rasa nyaman dalam posisi tidur akan membuat kualitas dan kauntitas tidur yang baik bagi seseorang. Hal ini juga berlaku bagi para ibu hamil. Hindari tidur dengan posisi berbaring telentang. Jika bisa, cobalah tidur dengan menghadap ke samping. Selain itu gunakan juga bantal di antara lutut dan di bawah perut sebagai penopang tubuh Anda. Juga gunakan ganjalan bantal di bagian punggung untuk membuat Anda nyaman. Intinya adalah buat posisi tidur senyaman mungkin menurut ibu, karena masing-masing mempunyai posisi yang nyaman dan berbeda satu dengan yang lainnya.

  1. Rencanakan Tidur Dengan Baik.

Batasi apa yang Anda lakukan di malam hari. Pergi ke tempat tidur lebih awal dari waktu biasanya memang sulit,tapi itu lebih baik daripada Anda tidur melebihi waktu biasanya.

Merencanakan tidur dan juga jadwal untuk beristirahat adalah bagian dalam kiat untuk memperoleh masa istirahat tidur yang cukup bagi para wanita hamil.

Demikian artikel mengenai sulit tidur bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat.