Tindakan Jika HB Rendah Pada Ibu Hamil Anjuran Terbaik

          Hemoglobin atau sering disingkat dengan Hb adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen. Fungsi dari hemoglobin sendiri yaitu sebagai pembawa oksigen dari paru-paru ke tubuh.

            Hemoglobin rendah adalah suatu kondisi dimana jumlah kadar hemoglobin kurang dari 13,5 Gram hemoglobin per desiliter atau 135 Gram per liter darah pada pria dan kurang dari 12 Gram per desiliter atau 120 gram per liter pada wanita. Kekurangan hemoglobin yang hanya sedikit lebih rendah dari kadar hemoglobin normal tidak dianggap berbahaya dan tidak menimbulkan gejala. Penyebab hemoglobin rendah bisa terjadi karena suatu penyakit atau karena kehilangan darah.

  hb rendah pada ibu hamil

            alesanarock.com Kadar hemoglobin untuk ibu hamil disarankan selalu dalam keadaan normal. Hemoglobin merupakan protein yang mengandung zat besi. Apabila HB ibu rendah maka dikhawatirkan menyebabkan terkena penyakit anemia, infeksi bahkan pendarahan. Hal tersebut berpotensi untuk membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin, sepeti kegagalan jantung pada ibu, pendarahan saat hamil, keguguran, terhambatnya pertumbuhan bayi, bayi lahir prematur bahkan kematian bayi saat melahirkan.

hemoglobin-rendah-pada-ibu-hamil

            Agar proses kehamilan tetap lancar sampai pada masa kelahiran, maka kadar hemoglobin ibu hamil diusahakan agar tetap normal. Berikut ini adalah tips menjaga agar kadar hemoglobin tetap normal

  1. Menongsumsi makanan yang dapat menaikkan kadar hemoglobin seperti brokoli, bayam, kubis, swai, asparagus, apel, jeruk, anggur, apricot, jambu biji, alpukat, plum, tomat, pisang, strowbery, papaya, melon, mangga, kiwi, daging merah, kacang-kacangan, sea food, oat dan biji-bijian.
  2. Hindari mengonsumsi makanan penghambat zat besi seperti minuman teh, soda, kopi, susu, cokelat, keju dan makanan mengandung gluten.
  3. Mengonsumsi suplemen zat besi yang telah dikonsultasikan oleh dokter.
  4. Tingkatkan asupan vitamin C.
  5. Istirahat cukup.

hemoglobin rendah pada ibu hamil