Ini Tips Agar Ibu Hamil Cepat Lelah Tetap Bisa Energik

          Kehamilan adalah masa dimana banyak pengalaman baru yang dialami. Banyak sekali perubahan yang terjadi pada saat masa kehamilan. Termasuk fisik yang mudah lelah dari biasanya, tak jarang hal itu mengakibatkan pekerjaan terbengkalai. Merepotkan bukan?

hamil lelah

Lelah adalah suatu keadaan dimana tubuh merasa tidak bertenaga, lesu dan penat. Sebenarnya keadaan seperti itu wajar dialami oleh ibu pada saat masa kehamilan. Hal tersebut normal, dan terjadi karena tubuh sedang bekerja keras untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Saat hamil yang terjadi adalah bagian pinggang belakang tulang punggung akan semakin cekung. Sementara bagian punggung atas semakin melengkung ke depan dan tubuh menjadi membungkuk. Payudara akan mengalami pembesaran. Banyak ibu hamil yang merasa “tersiksa” saat kehamilan.

  tidur siang ibu hamil

Letih dan lelah yang dirasakan oleh ibu hamil biasanya terjadi saat trimester pertama karena saat itu tubuh masih menyesuaikan diri dengan kadar hormon yang berubah dengan cepat. Pada saat kehamilan memasuki trimester kedua penyesuaian diri dengan hormon kehamilan sudah mulai terjadi sehingga sebagian dari ibu hamil tidak merasakan kelelahan yang berlebihan. Memasuki trimester akhir perubahan berat badan dan pertumbuhan janin semakin membesar akan mengakibatkan ibu hamil kembali mengalami kelelahan. Lalu bagaimana cara mengatasi kelelahan yang berlebihan saat hamil? Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan oleh ibu hamil

  1. Luangkan waktu untuk beristirahat, beristiahat dapat dilakukan dengan cara mempergunakan waktu yang singkat untuk sekedar membuat rileks bagian tubuh terutama bagaian kaki dan pinggang. Jika mempunyai banyak waktu, maka istirahat bisa dilakukan dengan cara tidur siang.
  2. Mengonsumi makanan sehat yang mencakup banyak buah, sayuran, biji-bijin serta beberapa protein susu yang rendah lemak, jangan lupa juga untuk memperbanyak minum agar tidak dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat ibu hamil kekurangan asupan cairan yang akan membuat mudah lelah.
  3. Menjaga gula darah agar tetap sehat untuk menghindari gula darah rendah.
  4. Mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi untuk mencegah anemia.
  5. Mengatur pola kerja selama kehamilan.
  6. atihan olahraga kehamilan seperti yoga atau latihan rileksasi karena kelelahan bisa terjadi karena ibu hamil belum mampu beradaptasi terhadap perubahan hormon selama kehamilan, sehingga tidak berolahraga justru akan menyulitkan anda dalam masa kehamilan.

ibu hamil cepat lelah