Kenapa Ibu Hamil Lapar Terus? Ini Jawaban Masuk Akalnya

          Lapar merupakan suatu kondisi dimana perut kosong sehingga menyebabkan perasaan ingin segera mengisinya dengan makanan. Kondisi lapar ini sering sekali dialami oleh ibu hamil. Namun para ibu tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya kondisi ini adalah kondisi yang wajar dialami oleh ibu hamil yang biasanya terjadi pada masa kehamilan trimester dua dan trimester tiga.

 Ibu Hamil Lapar Terus

            Saat sedang hamil maka kebutuhan gizi ibu juga meningkat. Apalagi janin dalam kondisi sedang membutuhkan asupan nutrisi yang berkualitas. Nutrisi yang didapat dari makanan akan terbagi dua, yang pertama untuk mempersiapkan proses kelahiran dan mempersiapkan tubuh agar siap menyusui setelah lahir. Selain itu nutrisi juga bermanfaat untuk memastikan janin sehat dan siap untuk dilahirkan.

Wanita Hamil Lapar Terus

Penyebab utama rasa lapar dalam perut adalah karena pada saat itu ada janin dalam perut yang melakukan pergerakan yang dapat menekan otot perut. Sedangkan penyebab lainnya bisa saja dikarenakan kurang tidur, kurang mengonsumsi sayuran, setres dan dehidrasi. Berikut ini adalah tips untuk mengatasi rasa lapar yang terjadi terus menerus.

  1. Ibu hamil yang merasa sering makan sebaiknya makan sedikit dengan intensitas yang yang seirng. Karena apabila makan sesuai dengan keinginan hawa nafsu maka akan beresiko mengakibatkan sesak nafas dan sakit perut.
  2. Untuk menghindari obesitas sebaiknya tidak banyak makan makanan yang mengandung lemak tinggi dan manis.
  3. Banyak minum air putih minimal 2 liter perhari.
  4. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran agar vitamin dan serat terpenuhi, agar proses pencernaan lancer sehingga buang air besar menjadi mudah.
  5. Kurangi makanan instan, pedas, bersoda dan yang mengandung kafein.
  6. Jangan mengonsumsi makanan yang membuat perut panas seperti durian, nanas karena mengakibatkan keguguran.
  7. Jika masih lapar, pilihlah camilan sehat.
  8. Minumlah madu secara teratur agar rahim dan janin kuat.
  9. Jangan lupa minum susu ibu hamil agar nutrisi yang dibutuhkan janin terpenuhi.