Apa Benar Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Sate? PENTING BUAT BUMIL

          Sate merupakan makanan yang dibuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusukan sedemikian rupa dengan tusukan lidi diberi bumbu kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Pasti sudah terbayang bagaimana kelezatan sate kan?

Sayangnya banyak sekali yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi sate dikarenakan akan mengakibatkan keguguran. Lalu banyak sekali yang akan bertanya tentang kebenarannya.

            Bahaya makan sate saat sedang mengandung sebenarnya bukan dari satenya, karena kalau dari satenya tentulah harusnya makan ayam atau makan kambing juga tidak diperbolehkan. Padahal kenyataannya ayam mempunyai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Bahayanya terletak pada cara memasaknya dan campuran bahan yang digunakan.

Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Sate

            Makan sate sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan jangan sembarang sate. Sebaiknya ibu hamil menghindari membeli sate dari luar sana, Karena kita tidak tahu bahan apa saja yang digunakan. Dampak buruk sate bagi ibu hamil biasanya tidak bisa dirasakan secara langsung. Berikut ini adalah sate yang berbahaya bagi ibu hamil

  1. Sate yang kurang matang

Daging ayang dan sapi yang kurang matang terdapat toksoplasma atau bakteri lain yang dapat membahayakan kesehatan. Hal inilah yang menjadikan konsumsi sate menjadi berbahaya. Terinfeksi toksoplasma beresiko akan menyebabkan bayi mengalami kelainan sistemik seperti pembesaran limpa, hati, menderita kuning. Selain itu bayi juga beresiko mengalami kelainan saraf pusat dan mata, keterlambatan berbicara, gangguan kecerdasan, cacat bawaan bahka akan mengakibatkan keguguran.

 

  1. Menggunakan banyak MSG, Garam dan Pengawet, Pewarna, Formalin

Kandungan garam yang berlebihan dalam sate akan beresiko membuat kaki ibu hamil bengkak. Begitu juga dengan pengawet, pewarna, MSG dan formali yang apabila dikonsumsi oleh orang tidak hamilpun juga membahayakan.

            Untuk menghindari hal tersebut apabila ibu hamil sangat ingin memakan sate. Sebaiknya sate yang dimakan adalah buatan sendiri. Cara membuatnya adalah dengan mematangkan dagingnya terlebih dahulu. Rasanya memang akan kurang sedap, tapi itu jauh lebih aman untuk ibu hamil. Untuk bumbunya ibu hamil hendaknya mengindari MSG dan jangan banyak garam. Demikian artikel kami tentang Makan Sate Tidak Boleh Buat Ibu Hamil. Semoga bermanfaat.