Apa Normal Jika Ibu Hamil Sering Mengantuk? Baca Yuk

http://alesanarock.com Mengapa dalam masa kehamilan akan mudah sekali mengantuk bahkan cenderung berlebihan? Ibu hamil yang yang cenderung merasakan kantuk berlebihan sebenarnya wajar, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang tidak hanya mengakibatkan gangguan tidur berupa rasa kantuk yang belebihan, tetapi juga Insomnia dan restless leg syndrome.

            Pada awal kehamilan memang terjadi perubahan hormon secara besar-besaran. Hormon Progesteron meningkat tajam dan pada saat itu fetus berkembang membentuk organ-organ tubuh. Hal ini membuat ibu hamil akan mudah merasakan capek dan ngantuk, bahkan ngantuk yang berlebihan ini sering ditandai sebagai gejala awal kehamilan. Namun rasa kantuk yang berlebihan itu akan menurun pada trimester kedua saat hormon sudah mulai stabil. Namun pada masa kehamilan memasuki trimester ketiga akan terjadi gangguan tidur lagi berupa insomnia karena pada saat itu kandungan semakin berat dan tumbuh pesat.

ibu hamil mengantuk

            Untuk menghindari ngantuk, kebanyakan orang kan berfikir untuk mengonsumsi kafein, namun hal itu sebenarnya tidak disarankan. Karena walaupun rasa kantuknya akan hilang tapi hal tersebut hanya akan bersifat sementara saja. Lebih baik ibu hamil melakukan perawatan prenatal untuk menghindari kelelahan. Mengonsumsi makanan sehat yang menghasilkan energi agar tidak mudah lelah. Di bawah ini adalah tips agar ibu hamil tidak mudah mengantuk.

  1. Makan makanan yang dapat membantu melawan kelelahan seperti, seafood, yogurt, bayam, pisang, almond, jeruk, kacang merah, tahu, barley, wortel, lobak, delima, biji-bijian utuh dan brokoli.
  2. Hindari kafein dan softdrink.
  3. Istirahat cukup.
  4. Jika terus menerus merasa kantuk dan lesu sebaiknya segera konsultasi ke dokter, karena ditakutkan anda menderita anemia, biasanya dokter akan memberikan resep berupa suplemen zat besi yang digunakan untuk mengatasi anemia.