Bolehkah Ibu Menyusui Minum Soda? Pakar Ahli Berpendapat

    Minuman bersoda memang nikmat dan rasanya mempunyai sensasi tersendiri saat diminum. Apalagi jika dicampur dengan es di tengah terik matahari yang panas, pasti sangat menyegarkan. Tapi sayang sekali ada kabar bahwa ibu menyusui tidak boleh mengonsumsi minuman bersoda. Apa benar ya?
Air soda atau air berkarbonasi (Inggris: carbonated water, club soda, soda water, atau sparkling water) adalah air yang dikarbonasikan dan dibuat bersifat efervesen dengan penambahan gas karbon dioksida di bawah tekanan. Air soda mendapatkan namanya dari garam natrium yang dikandungnya mengatakan senyawa ‘bergaram,’ menambah kualitas yang berbeda bagi sejumlah minuman beralkohol dan tanpa alkohol. Air soda juga merupakan bahan baku bagi long drink dan koktail. Air soda juga bisa langsung diminum.
Sebenarnya minum minuman bersoda bagi ibu menyusui di perbolehkah saja, tapi dengan catatan tidak berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, apalagi minuman bersoda mengandung zat pemanis dan pengawet buatan yang tentu saja tidak baik bagi tubuh siapapun apalagi tubuh orang yang sedang menyusui.

ibu menyusui minum soda
Sebuah peneitian mengungkapkan bahwa, minuman yang mengandung gula tambahan seperti minuman bersoda, memicu kanker rahim. Penyakit ini kerap menyerang wanita berusia 50 tahun ke atas. Minuman soda berdasarkan penelitian juga bisa meningkatkan risiko sakit jantung, diabetes, peningkatan berat badan, kanker prostat, kanker payudara, kelemahan otot, dan penyakit lainnya.
alesanarock.com Jane Franklin, seorang peneliti di Macquarie University di Sydney mengatakan, peringatan kepada masyarakat ditingkatkan dalam konsumsi minuman gula, menyatakan bahwa minuman dengan gula tambahan disarankan dikonsumsi untuk kesenangan saja, dalam artian bahwa minuman itu seharusnya bukanlah konsumsi cairan yang pokok namun harusnya hanya diminum seperlunya. Jane juga mengatakan bahwa minum terlalu banyak minuman ringan dapat mempengaruhi kimia otak serta pinggang pada manusia. Bahkan penelitian oleh ilmuwan Swedia tahun 2012 lalu menemukan bahwa minum hanya satu gelas soda sehari saja sudah bisa meningkatkan kesempatan seseorang mengembangkan kanker prostat sekira 40 persen! Ngeri kan bu? Jadi sebaiknya, bagi siapa saja mengindari minuman bersoda terlebih lagi oleh ibu menyusui, kalaupun keinginan untuk mengonsumsi tidak tertahankan, sebaiknya ibu membatasi untuk mengonsumsi minuman bersoda ini.