Saran Konsumsi Jamu untuk Ibu Menyusui Adalah Sebagai Berikut

Bagi sebagian besar masyarakat Jawa jamu adalah minuman yang sangat populer. Mereka percaya bahwa dengan minum jamu dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan juga sekaligus memperbaiki keadaan kesehatan tubuh. Salah satu manfaat jamu yang terkenal adalah meningkatkan produksi ASI.

JAMU IBU MENYUSUI

Selain manfaat jamu dalam meningkatkan produksi ASI mungkin Anda pernah mendengar beberapa informasi baik dari media cetak maupun langsung dari dokter bahwa mengkonsumsi jamu sangat tidak dianjurkan bagi ibu menyusui. Hal ini disebabkan dalam jamu terkandung sejumlah zat yang dapat berbahaya bagi produksi ASI. Lalu sebenarnya apakah para ibu menyusui diperbolehkan untuk mengkonsumsi jamu? Simak baik-baik pembahasan di bawah ini!

Menurut sebagian para ahli kesehatan ibu dan anak berpendapat bahwa minum jamu telah terbukti memiliki dampak positif bagi proses menyusui. Berdasarkan penuturan beberapa ibu menyusui ditemukan fakta bahwasannya mengkonsumsi air rebusan daun katuk terbukti dapat memperbanyak produksi ASI dan membuat proses menyusui si kecil lebih lancar. Selain air rebusan daun katuk, jamu alami yang boleh dikonsumsi ibu menyusui adalah ekstrak air perasan kencur. Selain dapat memperlancar produksi ASI bagi ibu menyusui disebutkan bahwa kencur juga sangat bermanfaat bagi bayi. Manfaat dari kencur bagi bayi antara lain adalah member rasa hangat, meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan nafsu makan.

JAMU UNTUK IBU MENYUSUI

Meskipun ramuan jamu alami, seperti air rebusan daun katuk dan perasan kencur, terbukti bermanfaat bagi ibu menyusui, yang perlu ibu perhatikan adalah bahwa dilarang keras bagi ibu menyusui untuk mengkonsumsi jamu adukan. Jamu adukan yang cenderung kental dan keruh akan mempengaruhi jalannya ASI sekaligus dapat membuat air ASI keruh, yang tentunya tidak baik bagi proses menyusui.

Demikianlha artikel kesehatan pada kesempatan kali ini.