Ini Penjelasan Lengkap Kerangka Manusia dan Fungsinya

      Fisik manusia terdiri dari tulang belulang, daging dan kulit. Tulang belulang manusia yang saling berhubungan membentuk kerangka. Tahukah anda apa yang dimaksud dengan kerangka? Rangka (skelet) merupakan rangkaian tulang yang mendukung dan melindungi organ tubuh yang lunak. Tulang satu dengan tulang yang lain dihubungkan oleh persendian (artikulasi). Sistem rangka yang terletak di dalam tubuh dan dilindungi oleh kulit dan otot disebut endoskeleton. Nah, pada bahasan kali ini kita akan membahas masalah Kerangka Manusia dan Fungsinya. Secara garis besar, rangka manusia terbagi menjadi 3 bagian, antara lain :

Kerangka Manusia Fungsinya

Tulang-tulang rangka kepala

            Tulang rangka kepala (tengkorak) berfungsi untuk melindungi organ penting yang ada di bagian kepala, antara lain otak. Tengkorak bagian pelindung otak terdiri dari: 1 tulang dahi, 2 tulang ubun-ubun, 1 tulang kepala belakang, 2 tulang baji, 2 tulang tapis, dan 2 tulang pelipis. Sedangkan tengkorak bagian muka terdiri dari: 2 tulang rahang atas, 2 tulang rahang bawah,2 tulang pipi, 2 tulang langit-langit, 2 tulang air mata dan 2 tulang hidung.

Tulang-tulang rangka badan

            Tulang rangka badan terdiri atas tulang leher, tulang dada dan tulang rusuk, tulung punggung dan tulang panggung.

            Tulang leher berfungsi untuk menopang kepala agar dapat berdiri tegak serta  dapat menganggukan kepala, menoleh ke samping, dan dapat diputar. Selain itu juga berfungsi untuk melindungi tenggorokan karena terdapat saluran untuk bernafas, kerongkongan dan pita suara. Sedangkan tulang dada dan tulang rusuk berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada di bagian dada, seperti jantung dan paru-paru. Jantung berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Adapun paru-paru berfungsi untuk bernapas.

Kerangka Manusia dan Fungsinya

            http://alesanarock.com Tulang punggung pda kerangka manusia berfungsi untuk melindungi sum-sum tulang belakang yang mengandung banyak sel-sel saraf dan terhubung langsung ke otak dan seluruh tubuh. Selain itu, juga berfungsi sebagai penopang anggota tubuh bagian atas. Sedangkan tulang panggul berfungsi sebagai penyambung antara tubuh bagian atas dan tubuh bagian

Tulang rangka anggota gerak

            Tulang rangka anggota gerak terdiri atas lengan (tangan) dan tungkai (kaki). Sebagian besar pekerjaan dan kegiatan dilakukan oleh lengan dan tungkai. Tulang lengan terdiri atas tulang pangkal lengan, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang jari-jari tangan. Tulang tungkai terdiri  atas tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang-tulang telapak kaki, dan tulang jari-jari kaki.

Nah itu dia penjelesan mengenai kerangka dan fungsinya, semoga dapat memberikan manfaat untuk anda