Luar Biasa, Inilah Rahasia Khasiat Ubi Cilembu yang Baru Ditemukan

Ubi cilembu merupakan umbi-umbian yang memiliki rasa manis, enak, tekstur yang lunak sehingga membuat para penggemar ubi menyukainya. Ubi cilembu ini sangat tidak mudah untuk didapatkan, sebab tidak semua daerah memilikinya.

Ubi cilembu ini sangat berbeda dengan ubi-ubi pada umumnya, ubi ini memiliki kekhasan tersendiri. Selain untuk bahan dasar camilan biasa ubi cilembu ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, memiliki khasiat bagi tubuh kita sebagai penambahan nutrisi.

khasiat ubi cilembu

Pada artikel kali ini penulis akan memaparkan sedikit mengenai ubi cilembu bagi kesehatan. Artikel ini sengaja penulis sajikan dari berbagai sumber.

Sepertinya sudah tidak asing lagi bagi anda semua , apalagi penasaran dengan umbi yang satu ini. Siapa yang tidak mengenali Ubi cilembu atau biasa dikenal Ubi madu yang sudah cukup terkenal dengan rasa manisnya asli seperti madu. Dalam bahasa jawa “Cilembu” adalah ubi memiliki rasa yang khas dan unik.

Ubi Cilembu ini tepatnya berasal dari Kecamatan Pamulihan Sumedang Jawa Barat. Menurut pernyataan masyarakat Sumedang untuk menghasilkan rasa yang manis tidak bisa jika hanya ditanam di sembarang tempat, namun hanya di wilayah-wilayah tertentu saja.

Nama lain dari Ubi ini adalah ketela rambat,(Sunda), tela rambat (Jawa), Shoyo (Jepang), dan Sweetpotato (Inggris).

Ubi cilembu ini memiliki sumber karbohidrat utama yang sangat penting khususnya dalam sistem ketahanan pangan. Selain sebagai kandungan utama karbohidrat, ubi ini juga mengandung banyak unsure yang terkandung didalamnya antara lain sebagai berikut:

  1. adanya vitamin.
  2. Adanya fitokimia (antioksidan).
  3. mineral dan serat (pektakin, selulosa juga hemiselulosa).

Diskripsi tentang ubi cilembu:

Selain itu ubi Cilembu tersebut juga menjadi salah satu produk pertanian unggulan bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang. Daerah penghasil ubi cilembu adalah Sumedang, tepatnya di sebuah Desa Cilembu (Kecamatan Pamulihan).

Ubi Cilembu berkulit gading, panjang dan berurat. Sedangkan getahnya akan meleleh seperti madu ketika dipanggang. Ubi ini sangat manis dan pulen (lembut dan empuk), berbeda dengan ubi kebanyakan. Rasa manis dari ubi Cilembu akan lebih terasa seperti madu apabila ubi tersebut dibakar menggunakan open, terlebih lagi jika ubi yang mentah belum dimasak disimpan terlebih dahulu kurang lebih satu minggu, maka rasa manis yang terdapat pada ubi cilembu ini akan semakin terasa manisnya.

Rasa manis ini merupakan sumber karbohidrat sebagai penambah energi bagi orang yang mengkonsumsinya, sehingga cocok jika dimakan sebagai menu hidangan kita sehari-hari.

Ubi Madu ini menjadi terkenal di kalangan masyarakat luas sejak tahun 1990-an. Ya walau dengan harga yang relatif mahal dibanding dengan harga ubi-ubi yang lain. Hal ini disebabkan adanya kesesueian kualitas, ubi cilembu ini memiliki rasa yang sangat manis, bahkan sangat manis.

Khasiat ubi cilembu bagi kesehatan:

  1. Dapat mencegah penyakit kangker.
  2. Dapat mencegah diabetes.
  3. Dapat mencegah penyakit jantung atau serangan jantung.
  4. Dapat mengatasi stress.
  5. Mencegah penuaan dini.
  6. Sangat bermanfaat untuk ibu hamil.
  7. Mengurangi berat badan.
  8. Menjaga kesehatan mata.

Demikian ulasan sedikit mengenai kandungan gizi yang terdapat dalam ubi cilembu, semoga dengan penjelasan di atas makin menambah kita semua berhati-hati ketika hendak memilih makanan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca yang berbudiman, ingat jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat.