Lapangan Bulu Tangkis Beserta Penjelasan Lengkap Panjang Luas Tinggi Net

Bagi masyarakat Indonesia, cabang olah raga bulu tangkis sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinganya. Olah raga ini adalah salah satu cabang ola raga yang sering membawa nama haru Indonesia di dunia. Sementara bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock”) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

lapangan badminton

Lapangan bulu tangkis:

Bentuk lapangan bulu tangkis adalah persegi panjang yang dibagi dua oleh sebuah net. Lapangan biasanya ditandai dengan garis-garis untuk permainan tunggal dan ganda. Lapangan untuk permainan bulu tangkis dengan pemain ganda membutuhkan lapangan yang lebih lebar tapi dengan panjang yang sama.

olahraga bulu tangkis

Panjang lapangan bulu tangkis adalah 44 kaki (13,4 meter)dan lebar 20 kaki (6,1 meter) untuk ganda dan 17 kaki (5,18 meter) untuk tunggal. Area untuk servis ditandai adanya dengan garis yang membagi dua lapangan dan garis yang melintang  sejauh 6 kaki (1,98 meter) ddari net.Sedangkan untuk ganda bidang servis dibatasi juga oleh garis dibagian belakang, yang berjarak 2 kaki 6 inci (0,76 meter)dari garis belakang. Garis-garis lapangan mempunyai tebal ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak.Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain.

lapangan bulu tangkis

Sedangkan untuk ketinggian net adalah 5 kaki 1 inci (1,55 meter) ditepi dan 5 kaki (1,542 meter) dibagian tengah. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75mm harus berwarna putih.itulah tadi penjelasan mengenai bulu tangkis dan lapangan bulu tangkis. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan terinspirasi untuk kesehatan yang lebih baik.