Waspadai Tingkat Leukosit Tinggi Pada Ibu Hamil Ini Semestinya

            alesanarock Sering kita membaca tentang leukosit, tapi apa sebenarnya leukosit itu? Leukosit atau sel darah putih merupakan sel yang membentuk kompenen pada darah. Sel ini memiliki inti tetapi tidak memiliki bentu sel yang tetap dan tidak berwarna. Sel darah putih dalam setiap millimeter kubik darah darah lebih kurang berjumlah 8000. Tempat pembentukan sel darah putih adalah pada sumsum merah tulang pipi, limpa dan kelenjar getah bening. Sel darah putih memiliki masa hidup antara enam hingga delapan hari.

 darah leukosit tinggi ibu hamil

            Sel darah putih memiliki sifat fagosit, dapat mematikan kuman penyakit dengan cara memakan kuman tersebut, untuk menghancurkan kuman penyakit, sel darah putih mempunyai kemampuan diapedesis yang dapat menembus dinding pembuluh darah. Bisa dilihat bahwa leukosit sangatlah penting bagi tubuh begitu juga dengan ibu hamil, lalu bagaimana jika leukosit tersebut terlalu tinggi? Apakah berbahaya bagi ibu hamil?

darah merah leukosit ibu hamil

            Meningkatnya sel darah putih tidaklah selalu baik karena ini menunjukkan adanya masalah medis. Tingginya jumlah sel darah putih bukan berarti penyakit tertentu, tetapi perlu adanya kebutuhan untuk evaluasi medis lebih lanjut. Jumlah sel darah putih normal adalah sekitar 4500 sampai dengan 10000 per mikroliter. Sel-sel hanya 1% dari total volume darah dalam tubuh ketiadaan infeksi. Setiap infeksi peradangan ataupun alergi menyebabkan peningkatan jumlah sel darah putih. Infeksi bakteri, leukemia, trauma, peradangan atau setres merupakan penyakit yang dapat ditandai dengan jumlah leukosit yang tinggi yang tentunya berbahaya bagi ibu hamil.

            Leukosit yang tinggi pada ibu hamil dapat mengakibatkan kondisi berbahaya bagi janin, seperti keguguran dan ketuban yang pecah belum pada waktunya atau pecah dini. Ada beberapa hal yang harus dihindari ibu hamil agar produksi sel darah putihnya tidak berlebihan seperti merokok dan setres.

Mengonsumsi rokok berlebihan. Sebaiknya wanita memang menghindari konsumsi rokok, karena konsumsi rokok yang sudah bertahun-tahun dapat meningkatkan produksi sel darah putih. Selain itu hendaknya ibu hamil menghindari setres dan tekanan, karena setres dapat mengakibatkan tubuh memproduksi sel darah putih secara berlebihan.

leukosit tinggi ibu hamil

Jika produksi sel darah putih pada ibu hamil memang terlalu tinggi, namun tidak menunjukkan adanya penyakit tertentu, maka terdapat bebarapa cara untuk mengontrol penyebab kelebihan sel darah putih untuk kondisi normal atau tidak disertai dengan penyakit apapun yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan.

  1. Hindari berbagai jenis makanan yang mengandung banyak kalori, garam dan gula.
  2. Hindari Junk food karena dikhawatirkan terdapat berbagai bahan tambahan makanan.
  3. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi seperti ikan salmon.
  4. Gunakan beberapa bahan campuran tertentu seperti bawang putih, rempah-rempah, kedelai dan minyak zaitun.
  5. Tingkatkan konsumsi berbagai jenis sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, wortel dan paprika.
  6. Hindari merokok, alkohol dan setres.