Datang Gresik Rugi Kalo Gak Coba Makanan Khas Gresik Berikut Ini

Gresik merupakan salah satu kota sejarah di Indonesia. sebagai salah satu pusat penyebaran agama Islam, Gresik juga memiliki aneka makanan khas yang dapat Anda jumpai ketika berwisata kesana.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas dari Gresik yang dapat Anda cicipi:

  1. Sego Rumo.

Sego Rumo ini terdiri dari nasi putih yang diletakkan dalam pincuk daun pisang dan ditambahkan dengan campuran daun singkong dan daun api-api rebus serta remahan krupuk atau rempeyek yang kemudian disiram dengan kuah kental serta ditaburi serundeng. Kuah kental ini bentuknya hampir menyerupai bubur sumsum namun berwarna merah dan rasanya gurih.

makanan khas gresik

  1. Nasi Krawu.

Ya, nasi Krawu, barangkali masakan ini belum terlalu ngetrend di telingan anda, tapi bagi pecinta makanan khas daerah tentunya mengenal Nasi Krawu ini. Nasi krawu merupakan makanan khas dari Gresik, Jawa Timur. Nasi krawu yang merupakan makanan khas daerah tentu saja mempunyai tanda atau ciri-ciri, cirinya adalah nasinya yang pulen. dan disajikan dengan daun pisang. Launknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng. Dengan mengetahui bahan-bahannya saja sudah jelas terlihat enak sekali.

  1. Otak-Otak Bandeng.

Otak-otak bandeng adalah makanan terbuat dari ikan bandeng yang dipisahkan antara kulit dan daging, lalu dagingnya dihaluskan. Setelah itu daging bandeng diberi bumbu2 halus yang sudah disiapkan, lalu dimasukkan lagi dalam badan ikan. Selanjutknya ikan dikukus hingga matang.

http://alesanarock.com Jubung adalah jajanan mirip terbuat dari ketan hitam yang ditaburi wijen. Biasanya jubung ditempatkan dalam jubung atau selongsong warna putih kecoklatan yang terbuat dari kulit pohon pinang.