Kuliner Nikmat Makanan Tradsional Khas Yogyakarta yang Wajib Dicoba

Jogja adalah salah satu kota budaya yang ada di Indonesia. sebagai kota budaya, tentulah selalu mempertahankan nilai-nilai budaya luhur ditengah perkembangan jaman. Salah satu aspek yang hingga kini masih dipertahankan oleh masyarakat Jogja adalah aneka makanan khas Jogja yang enak dan lezat.

Berikut ini adalah beberapa jenis menu makanan yang ditawarkan jika Anda berkunjung ke Jogja:

  1. Nasi kucing/sego kucing.

Sekilas namanya memang unik, mungkin juga aneh, terutama bagi Anda yang takut sama kucing. Perlu Anda ketahui sego kucing bukanlah nasi untuk dimakan kucing. sego kucing adalah nasi yang dibungkus agak kecil biasanya dipadu dengan sambel teri / pindang. Ini lah yang menyebabkan nasi bungkus ini dinamakan sego kucing, karena kucing suka memakan pindang atau teri. Makanan ini biasanya banyak dijual di warung angkringan, adalah sebuah warung tenda yang biasanya buka sore hingga malam hari di pinggir jalan. Di angkringan juga menyediakan lauk pauk jyang khas seperti sate usus, sate telur puyuh, tahu bacem, kepala dan ceker bacem juga beraneka macam gorengan. Untuk menu minumanya ada teh, jeruk, kopi dan wedang jahe. Kini angkringan sudah mewabah di Kota Jogja, bahkan menular hingga ke kota kota terdekat Jogja seperti Solo, Semarang, Salatiga dan yang lainnya.

Makanan Yogyakarta

Jenis makanan ini mungkin asing bagi sebagian orang apalagi anak muda masa kini mendengar makanan bernama “tiwul”. Tiwul merupakan jajanan asli dari Gunung Kidul Jogjakarta. Dulu tiwul dijadikan makanan utama masyarakat Gunung Kidul pengganti nasi, karena daerah gunung kidul tanahnya kurang subur. Tiwul dibuat dari bahan utama singkong yang dijadikan gaplek. Namun sekarang tiwul semakin universal, tapi biasanya dikonsumsi sebagai jajanan.

Makanan Tradsional Yogyakarta

Gudeg merupakan salah satu makanan khas paling populer di Jogja. Rasa khas gudeg adalah manis dan gurih. Bahan utama gudeg adalah buah nangka muda yang direbus hingga berjam –  jam sampai kecoklatan kemudian dimasak menjadi sayur gori. Saat penyajian biasanya dicampur dengan areh santan dan sayur krecek. Sebagai lauk pelengkap adalah suwiran ayam atau telur.

Makanan Tradsional Khas Yogyakarta

Gudeg terbagi menjadi 2, ada gudeg basah dan kering. Gudeg kering biasanya dijual pagi hingga malam, namun gudeg basah dijual biasanya sore hingga malam hari. Para penjual gudeg malam hari biasanya memanfaatkan emperan toko yang sudah tutup saat malam hari.