BARU Manfaat Benalu Jeruk bagi Umat Manusia Terungkap

Benalu adalah sekelompok tumbuhan parasit obligat yang hidup dan tumbuh pada batang (dahan) pohon tumbuhan lain. Benalu dapat dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon besar di daerah tropis. Biji tumbuhan ini pada buahnya menghasilkan getah seperti lem berbentuk jeli yang lengket. Penyebaran tumbuhan ini terjadi dibantu oleh burung, apabila burung memakan buah dan bijinya lalu mengekskresikan pada dahan pohon, bijinya yang lengket akan menempel pada dahan pohon selanjutnya akan berkecambah dan benalu muda mulai tumbuh. Secara umum, zat yang terdapat dalam benalu lebih ditentukan oleh kandungan zat yang terdapat dalam tanaman inang.

Pada umumnya, masyarakat beranggapan benalu yang tumbuh pada tanaman tertentu saja yang berkhasiat menyembuhkan suatu penyakit. Benalu tertentu yang tumbuh pada tanaman teh dan kopi banyak dicari orang karena memiliki khasiat menyembuhkan kanker. Kedua tanaman inang yang ditumbuhi benalu ini memiliki kemiripan kandungan zat kimianya. Tanaman teh yang diambil daunnya, mengandung sekitar 1-4% kofein, 7-15% tannin, dan sedikit minyak atsiri. Sedangkan tanaman kopi yang diambil bijinya, terdapat 1-3% kofeina, 15% dekstrin, 11-14% protein, 1-2% asam kofeinat, adenin, ksantin serta alkali fosfat dan alkali karbonat.

khasiat benalu jeruk

Lewat penelitian diketahui, aktivitas asparaginase dalam benalu teh dapat menghidrolisa asparagin. Asparaginase adalah enzim katalisator yang berperan menghidrolisa asparagin menjadi asam aspartat dan amonia. Sehingga sel kanker kekurangan asparagin yang berakibat kematian sel.

  benalu jeruk

http://alesanarock.com/ Kemudian pada tahun 1983 ditemukan fakta bahwa benalu jeruk nipis, benalu beringin, dan benalu teh dengan ramuan tertentu dapat menghalau tumor dan amandel.

manfaat benalu jeruk

Adapun bahannya adalah 1 batang benalu yang menempel pada 1 pohon jeruk nipis kemudian beri adas palawaras secukupnya. Sedangkan cara Membuatnya adalah kedua bahan direbus dengan 3 gelas air  sampai mendidih, kemudian disaring. Minumlah ramuan ini 1 atau 2 gelas setiap harinya. Minum ramuan tersebut hingga sakit Anda terasa sudah membaik. Tapi jangan lupa segera ke dokter jika terjadi sesuatu yang menghawatirkan.