Luar Biasa Manfaat Daun Gaharu Ternyata Terbukti Sebagai Terapi Kesehatan

Daun gaharu atau dalam bahasa latindisebut Aquilaria malaccensis ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh manusia. Tumbuhan ini banyak ditemukan di Indonesia, Bangladesh, Bhutan, India, Malaysia, Singapura, Philipina, Myanmar, Thailand. Di Indonesia sendiri dapat ditemukan di  didaerah Sumatera dan Kalimantan. Pohon ini termasuk dalam salah satu pohon yang dilindungi karena terancam punah, gaharu berarti kayu yang tenggelam.

Beberapa manfaatnya bagi kesehatan adalah:

  1. Dapat digunakan sebagai anti depresi.

Daun ini dapat menjadi extrak  benzene yang berguna untuk sistem syaraf pusat sebagai anti depresi pada syaraf. Ini disebabkan daun gaharu mengandung senyawa aktif agarospirol, yang memiliki fungsi sebagi anti depresi yang mampu menekan sistem saraf pusat yang mengakibatkan ketenangan dan mengembalikan kebugaran tubuh.

manfaat daun gaharu

  1. Sebagai anti penuaan.

Dalam sebuah penelitian terbaru ditemukan bahwa godong gaharu mengandunggenkwanin yang merupakan glikosida alami yang secara luas dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Dikatakan zat ini dapat menghilangkan merkuri secara efisien. Teh daun ini  yang mengandung glikosida mempunyai manfaat untuk diet dan diyakini dapat memperlambat proses penuaan.

  1. Dapat menjaga berat badan.

Dedaaunan Gaharu dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam menurunkan berat badan, yang disebut dengan detoksifikasi. Untuk mencapai penurunan berat badan dengan 6-8 cangkir teh dedaunan gaharu perhari yang dapat disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin.

  1. Mengurangi rasa mabuk.

Teh gaharu dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan efek buruk dari alkohol yang mempengaruhi kesehatan.

  1. Untuk menambah Energi.

Daun ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan energi, sehingga lebih ringan dalam beraktifitas fisik. Pada awal mengonsumsu teh daun gaharu akan meningkatkan jumlah kuantitas untuk buang air kecil. Hal ini menunjukan tehnya baru bekerja pada tubuh. Pembilasan detoksifikasi yang terjadi sebagai akibat minum teh gaharu adalah melumasi perut.

  1. Dapat dibuat menjadi minyak.

Daun gaharu mengandung minyak essensial yang memiliki manfaat seperti bunga mawar, manfaat bunga garanium ,dan manfaat bunga cendana.

  1. Manfaat Aroma terapi.

Daun gaharu memiliki kemampuna untuk relaksasi yang dapat berguna pada saat  dalam setiap sesi aromaterapi. Yang dapat menghilangkan kecemasan dan depresi. Aroma terapi ini dapat bertahan selama 12 jam. Beberapa produsen parfum dieropa menggunakan daun gaharu untuk parfum rumahan.