Inilah Manfaat Daun Sembung yang Jarang Diketahui Orang

Daun sembung merupakan salah satu jenis daun yang dapat digunakan sebagai obat tradisional. Mengapa? Karena di dalam daun sembung terdapat beberapa zat kimia yang berfungsi untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Sebelum kita bahas apa manfaat daun sembung bagi kesehatan, mari kita lihat apa saja sih zat kimia yang ada di dalam daun sembung.

Beberapa kandungan kimia dari daun sembung adalah :

  1. Alkohol sesquiterpen,
  2. Pirokatechin,
  3. Cineol,
  4. Limonene,
  5. Minyak atsiri,
  6. Zat bergetah,
  7. Myristin,
  8. Glikosida,
  9. Borneol,
  10. Asam palmitin,
  11. Bomeol,

MANFAAT DAUN SEMBUNG

Itulah beberapa zat kimia yang terkandung di dalam daun sembung. Tak heran jika daun ini memiliki sejuta khasiat karena begitu banyaknya zat-zat kimia yang penting ada di dalam daun sembung ini. Manfaat Daun Sembung Bagi Kesehatan boleh dibilang juga cukup banyak sehingga daun obat yang satu ini bisa jadi salah satu alternatif untuk digunakan sebagai obat tradisional.

Beberapa manfaat dari mengkonsumsi daun sembung adalah :

  1. Penambah nafsu makan, hal ini sangat cocok dikonsumsi bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan guna meningkatkan jumlah makannya.
  2. Mengatasi Masalah Perut , Salah satu contoh penyakit yang bisa disembuhkan adalah maag, perut kembung, Nyeri pada lambung.
  3. Dapat mengobati penyakit beri – beri.
  4. Dapat memperlancar pencernaan dan juga untuk mengobati diare.
  5. Dapat memperlancar Menstruasi dan menghilangkan nyeri pada saat haid.
  6. Dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala

Cara penggunaannya adalah rebuslah saja beberapa helai daun sembung dan minum airnya selagi hangat. Dengan menambah sedikit garam sebelum Anda meminumnya. Garam mempunyai fungsi untuk membuat rasa menjadi lebih sedap dan menghilangkan sedikit rasa pahit.