Menarik Sekali Manfaat Kayu Gaharu Berikut Ini, Simaklah

Bagi sebagian Anda mungkin masih asing mendengar istilah gaharu. Gaharu adalah sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, didalamnya memiliki kandungan damar wangi, berasal dari pohon atau bagian pohon khusus yang bisa menghasilkan gaharu, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi secara alami atau buatan pada pohon Aguilaria sp (Thymelaeaceae). Biasanya, kayu gaharu dibutuhkan untuk bahan baku di dalam industri parfum, dupa, obat-obatan, pengawet, kosmetika serta asesoris guna keperluan acara keagamaan tertentu. Masyarakat menggunakan kayu gaharu sudah sangat lama, terutama untuk digunakan oleh para  pemeluk agama hindu maupun budha. Bagi pemeluk agama Hindu dan Budha, gaharu biasanya digunakan sebagai dupa dalam prosesi sembahyangan ataupun perayaan hari-hari besar keagamaan.

Pohon Gaharu (Aquilaria spp) adalah salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh di Indonesia. Beberapa spesies gaharu yang sudah mulai dibudidayakan sebagai tanaman bisnis adalah gaharu jenis aquilaria dan jenis malaccensis.

manfaat kayu gaharu

alesanarock Beberapa manfaat dari gaharu adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai penghasil wangi parfum yang memiliki wanginya bisa tahan lama, hal ini banyak diminati oleh orang-orang di negara eropa seperti daerah YVES saint laurent, zeenat dan amourage.
  2. Memiliki aroma terapi yang bisa menyegarkan tubuh, untuk keperluan perayaan dan undangan.
  3. Dapat Dimanfaatkan Dalam Dunia Pengobatan Dan Kesehatan Yang Biasanya Sering Digunakan Dalam Pengobatan Tradisional Khususnya Dinegara China Dan Jepang.
  4. UNTUK KOLEKSI pribadi seperti digunakan untuk ruangan besar yang khusus dan eksklusif.
  5. Sebagai campuran produk-produk kecantikan seperti sabun, shampo yang harum semerbak.