Daftar Manfaat Kayu Jati Bagi Kehidupan Umat Manusia

Kayu jati bukan merupakan sesuatu yang asing ditelinga kita, sebab sampai saat ini kayu jati masih menjadi incaran bagi setiap kalangan. Kayu jati memiliki banyak kelebihan, selain awet dia juga memiliki kapasitas kualitas paling baik di antara kayu-kayu yang lain.

Banyak sekali kegunaan dari pohon jati ini, selain kayunya daunya pun juga bermanfaat, yakni untuk membungkus tempe, untuk memasak gudek, dan untuk bungkus-bungkus makanan lain supaya sedap dan juga enak.

  manfaat kayu jati

Seperti biasa artikel kali ini penulis akan menguraikan sedikit manfaat dan kegunaan kayu jati dalam kehidupan manusia, untuk menambah wawasan mari kit abaca artikel ini sampai selesai.

Kayu jati adalah kayu berasal dari pohon jati yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut: besar, berbatang lurus, berdaun besar yang luruh di musim kemarau, dan dapat tumbuh sangat besar bahkan mencapai 30 hingga 40 meter. Pohon jati sendiri punya nama internasional teak (Bahasa Inggris). Kayu jati memiliki kualitas nomor satu dan merupakan lambang kemewahan bagi yang memilikinya (mengolahnya menjadi berbagai kebutuhan, seperti furniture),selain terkenal kuat dan kaya manfaat, juga digunakan di tempat-tempat terbuka meski tanpa divernis apalagi bila dipakai di bawah naungan atap.

Kayu jati sejak lama digunakan sebagai bahan baku pembuatan kapal laut, termasuk kapal-kapal VOC yang melayari samudera pada abad ke-17. Juga dalam konstruksi berat seperti jembatan dan bantalan rel.

khasiat kayu jati

Pada bangunan dalam rumah, selain dimanfaatkan sebagai bahan baku furniture kayu jati digunakan pula dalam struktur bangunan. Rumah-rumah tradisional Jawa, seperti rumah joglo, Jawa Tengah, menggunakan kayu jati di hampir semua bagiannya: tiang-tiang, rangka atap, hingga ke dinding-dinding berukir.

kayu jati

Dalam industri kayu sekarang, jati diolah menjadi venir (veneer) untuk melapisi wajah kayu lapis mahal serta dijadikan keping-keping parket (parquet) penutup lantai. Selain itu juga diekspor ke mancanegara dalam bentuk furniture luar-rumah.

Ranting-ranting tumbuhan jati yang tak lagi dapat dimanfaatkan untuk mebel, dimanfaatkan sebagai kayu bakar kelas satu. Kayu jati menghasilkan panas yang tinggi, sehingga dulu digunakan sebagai bahan bakar lokomotif uap.

Demikian artikel mengenai manfaat kayu jati dalam kehidupan manusia, semoga ulasan yang singkat ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sejati.