Apa Iya Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi? Ahli Gizi Menjawab

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstrasi tanaman kopi yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk.

Minum kopi memanglah amat nikmat, apalagi diminum sambil mengerjakan sesuatu, pasti amat membantu untuk berkonsentrasi. Bagi sebagian orang, meminum kopi sudah merupakan aktifitas rutin yang harus dijalankan. Lalu bagaimana jika orang tersebut dalam keadaan sedang menyusui bayi? Haruskah menghentikan aktifitas meminum kopi?

Menyusui Kopi

            Seperti yang diketahui bersama bahwa kopi merupakan minuman yang mengandung kafein. Sebenarnya ibu menyusui tidak haram untuk mengonsumi kopi, namun mengonsumsinya harus dibatasi dan tidak boleh secara berlebihan. Kandungan yang terdapat kopi yaitu kafein yang memiliki sifat stimulansia yaitu menjadi zat perangsang tubuh hingga menjadi aktif sehingga kesulitan beristirahat. Dampaknya memang tidak dirasakan langsung oleh bayi akan tetapi akan menggannggu kesehatan ibu menyusui apabila kesulitan beristirahat. Kesulitan beristirahat akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI

Ibu Menyusui Kopi

            Selain itu kadar kafein pada kopi selain akan mempengaruhi bunda, juga akan mempengaruhi si kecil. Walaupun kadar kafein yang akan diterima bayi jauh lebih kecil, namun akan mempengaruhi bayi. Tubuh bayi masih sangat kecil, maka kadar kafein sekecil apapun bisa memberikan efek yang besar kepadanya. Kafein bisa dinikmati bayi melalui pemberian ASI. Tubuh bayi belum optimal dalam mengeluarkan kafein di dalam tubuhnya sehingga rentan terakumulasi. Karena itu, bayi hingga usia 2 bulan rentan keracunan kafein jika bundaterlalu banyak minum kopi. Mengonsumsi kafein bisa menjadi masalah jika berlebihan. Akibatnya bayi akan sering rewel dan kurang tidur. Amannya, batasi jumlah kopi di kisaran 200 sampai 300 miligram per hari.

Ibu Menyusui Minum Kopi

            Salah seorang penulis buku yang membahas tentang ibu menyusui juga mengatakan bahwa ibu menyusui yang minum secangkir kopi sehari tidak akan berpengaruh besar pada bayi akan tetapi apabila melebihi hingga 6 cangkir sehari maka kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi akan berakumalasi yang menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan bayi dan juga membuat bayi rewel.