Inilah Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama yang Wajib Dimakan

          Ibu hamil pasti membutuhkan banyak nutrisi untuk perkembangan janin yang dikandungnya. Apalagi perubahan hormon pada ibu hamil pada trimester pertama berpengaruh pada stamina ibu hamil seperti mudah lelah, sehingga ibu hamil tentulah harus memperhatikan makanan yang ia makan di awal kehamilan karena selain untuk menambah stamnina juga dapat menambah daya tahan tubuh. Untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang disarankan untuk ibu hamil trimester pertama, kita lihat berikut ini:

  1. Sayuran

Gejala mual dan muntah sangat sering sekali terjadi pada trimester pertama. Gejala seperti ini pasti sangat membuat ibu hamil tidak merasa nyaman. Gejala yang bisa disebut morning sicknes ini bisa dikonsumsi dengan banyak mengonsumsi jenis sayur-sayuran. Kandungan zat besi yang terjandung dalam sayuran tersebut tidak hanya bisa mengatasi mual, tetapi juga akan membantu memproduksi hemoglobin yang berguna untuk mencegah anemia yang sering diderita oleh ibu hamil. Sayuran yang disarankan adalah sayuran yang seperti bayam karena mengandung zat besi yang tinggi.

 nutrisi ibu hamil

  1. Buah-buahan.

alesanarock Buah-buahan merupakan nutrisi yang amat penting untuk ibu hamil, buah-buahan juga baik untuk menambah stamina ibu hamil dan untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan. Salah satu buah yangbaik bagi ibu hamil adalah pisang dan apel. Buah pisang yang mengandung asam folat sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak bayi di dalam kandungan.

makan ibu hamil trimester pertama

  1. Seafood

Seafood adalah salah satu makanan bergizi tingi yang sangat baik untuk pertumbuhan janin. Janin dalam pertumbuhan membutuhkan nutrisi yang sangat banyak seperti protein, vitamin A dan omega-3 yang semuanya terdapat pada makanan seafood seperti udang, ikan, cumi-cumi. Seafood juga baik untuk pembentukan otak janin. Namun sebaiknya, ibu hamil menghindari seafood yang mengikat merkuri seperti ikan hiu.

nutrisi ibu hamil trimester pertama

  1. Susu dan produk olahannya

Susu merupakan asupan wajib bagi ibu hamil yang berguna untuk tambahan nutrisi yang tinggi seperti protein yang sangat baik untuk pertumbuan otot dan sel-sel dalam tubuh janin.

  1. Kacang-kacangan dan Sereal

Sereal merupakan makanan yang mengandung karbo, vitamin B, serta kalsium yang dibutuhkan bayi dan meningkatkan kondisi tubuh ibu hamil, selain itu sereal juga maknan yang kaya akan serat yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu kacang-kacangan seperti kedelai dan kacang hijau memiliki nutrisi vitamin B dan asam folat yang dibutuhkan untuk perkembangan janin.