Bacalah Daftar Nama Obat Flu Untuk Ibu Menyusui di Pasaran Berikut

            Ibu menyusui cenderung gampang terkena penyakit, apalagi penyakit yang gampang sekali menular seperti Flu. Flu biasanya menyerang ketika musim penghujan datang. Walaupun penyakit Flu termasuk penyakit yang ringan, tapi cukup untuk mengacaukan kegiatan sehari-hari. Pilek, pusing, tidak enak badan, bingung kan?

            Penyakit Flu atau Influenza merupakan infeksi virus yang menyerang sistem pernafasan, tidak hanya hidung saja, tetapi juga tenggorokan, cabang tenggorokan dan paru-paru. Virus Influenza termasuk dalam keluarga Orthomyxoviridae ini mudah sekali menular. Penularan virusnya dapat terjadi melalui udara pada saat orang berbicara, bersin dan batuk.

Nama Obat Flu Untuk Ibu Menyusui

            Ada anggapan salah di kalangan masyarakat, kebanyakan mengira bahwa pilek sama dengan Flu, tapi hal itu tidak benar. Flu mempunyai masa inkubasi yang cenderung cepat, bisa terjadi hanya beberapa hari setelah pertama terinfeksi. Flu juga mempunyai gejala yang lebih parah hingga dapat mengganggu rutinitas si penderita.

            Gejala-gejala Flu yang bisa dirasakan penderita diantaranya, demam, rasa kedinginan atau orang kalau istilah orang jawa disebut nggregesi, sakit kepala, batuk-batuk, tenggorokan sakit, pegal-pegal atau nyeri otot bahkan kehilangan nafsu makan.

          Ibu menyusui memang dianjurkan untuk tidak meminum sembarang obat ketika sakit, termasuk ketika menderita flu. Obat flu yang dikonsumsi harus dipastikan aman untuk ibu maupun bayi yang akan menyerap konsumsi makanan ibu. Lalu obat flu apa saja yang aman untuk ibu menyusui? Berikut nama-nama obatnya

  1. Nasal spray yang mengandung Beclometasone dan Cromlyn sodium untuk obat pilek dan hidung tersumbat karena alergi.
  2. Pesudoefedrin untuk hidung tersumbat, namun sebaiknya ibu meminimalisir penggunaan obat ini karena bisa menyebabkan penurunan produksi ASI.
  3. Parasetamol dan Ibuprofen untuk menurunkan demamnya.
  4. Guinafenesin, Dextromtophan untuk mengurangi batuknya.
  5. Antihistamin tripolipine yang paling aman, loratadine, cetrizine dan difenhidramine.

              Walaupun obat tersebut di atas adalah obat yang masuk dalam kategori aman untuk ibu menyusui, sebaiknya ibu menyusui berkonsultasi dulu dengan dokter ketika akan mengonsumsi obat, karena tekadang reaksi obat berbeda-beda pada setiap orang, dan sebaiknya ibu menyusui sebelum meminum obat kimia mengusahakan dulu pengobatan secara tradisional yang menggunakan bahan-baha alami.