Alami, Ini Lho Obat Pilek Ibu Menyusui yang Aman

Kasih saying ibu memang tidak terbalas emas permata. Begitulah seuntai kalimat yang sedikit menggambarkan betapa besarnya kasih saying seorang ibu kepada anaknya. Ibu akan mengurus anaknya dalam kondisi apapun, termasuk ketika sedang sakit. Sebagai contoh ketika ada seorang ibu menyusui yang terkena serangan flu. Meskipun sedang terserang flu, Ibu harus tetap menyusui bayi. Mengapa?

obat pilek ibu menyusui

Tubuh Ibu segera mulai membentuk antibodi saat terpapar flu. Pada saat menyusui, antibodi tersebut dihantarkan oleh ASI ke bayi dan membantu bayi membentuk kekebalan tubuhnya sendiri terhadap flu. Meskipun demikian, sebaiknya bayi sebisa mungkin terhindar dari penularan.

 obat sakit pilek ibu menyusui

Saat paling menular adalah 24 jam pertama, dan penularan ini masih bisa terjadi dalam waktu 7 hari berikutnya. Namun karena ASI sangat dibutuhkan bayi, maka pemberian ASI tidak boleh dihentikan.

Sesuatu yang dapat dilakukan ketika ibu menyusui terserang flu:

  1. Tingkatkan asupan cairan;
  2. Jangan tidur dekat bayi, setidaknya 1 meter dari bayi dan di tempat tidur terpisah;
  3. Saat berinteraksi dengan bayi, misalnya ketika menyusui, memandikan, menggendong, atau bermain bersama bayi, kenakan pelindung wajah (masker);
  4. Selalu mencuci tangan dengan sabun di air mengalir sebelum berinteraksi dengan bayi;
  5. Hindari bersin atau batuk di dekat bayi;
  6. Jika ada orang lain yang hendak berinteraksi dengan bayi, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu;
  7. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat-obatan yang dapat digunakan guna mengurangi risiko penularan.

Jenis obat yang tergolong aman untuk ibu menyusui adalah pereda nyeri/demam (parasetamol, ibuprofen), pelega hidung (natrium kromlin), anti alergi (loratadin, tripolidin) dan obat pereda batuk (dextromethorphan). Ibu menyusui sebaiknya menghindari obat flu yang mengandung pseudoefedrin atau fenilefrin, karena berisiko mengurangi produksi ASI. Konsultasikan dengan dokter agar Ibu mendapatkan penanganan yang tepat.

sakit influenza ibu menyusui

Itulah tadi pembahasan mengenai obat pileg untuk ibu menyusui. Jaga selalu kesehatan Anda para ibu yang sedang menyusui buah hatinya.