Ahli Kandungan: Penyebab Telat Datang Bulan Adalah

Seringkali membuat hati resah gelisah ketika menstruasi kita mengalami terlambat dalam haid atau menstruasi. Apalagi jika kondisi kita masih perawan, pasti sangat was-was, terlebih yang memiliki pasangan.

Selain itu badan akan terasa tak enak ketika mengalami menstruasi yang tidak tepat waktu, pegal-pegal, perut terasa nyeri, bawaan emosi pun juga sangat berpengaruh bila kita terlambat datang bulan.

Namun meski demikian sering terjadi jarang sekali mereka mengetahui apa sebenarnya penyebab datang bulan terlambat?

Baiklah untuk menjawab pertanyaan itu mari kita simak ulasan baik-baik dalam artikel ini, sebab penulis akan menguraikan tentang factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya terlambat datang bulan.

Artikel ini sengaja penulis sajikan dari berbagai sumber, oleh karena itu jangan beranjak, sebab informasi ini sangat penting.

Sebenarnya ada beberapa factor yang mempengaruhi telat datang bulan, namun asumsi orang ketika telat datang bulan selalu berkesimpulan bahwa mereka telah hamil. Padahal ada banyak sekali pengaruh terjadinya terlambat datang bulan, hal itu sudah dianggap wajar namun bila terjadi sesuatu yang tidak sewajarnya harap segera konsultasi ke dokter kandungan.

Penyebab telat datang bulan atau menstruasi atau haid:

Stres akan mempengaruhi banyak hal dalam hidup termasuk siklus menstruasi. Ketika sedang dalam tekanan, tubuh akan mengurangi produksi hormon GnRH yang menyebabkan tubuh wanita tidak berovulasi atau tidak haid. Setelah masalah selesai atau mendapat bantuan dari dokter, haid umumnya bisa normal kembali.

PENYEBAB TELAT DATANG BULAN ATAU HAID

Sakit yang diderita dalam jangka waktu panjang juga dapat membuat haid telat datang. Biasanya hal seperti ini bersifat sementara, setelah sakit sembuh maka datang bulan akan normal kembali.

  1. Perubahan pola hidup.

alesanarock.com Perubahan pola hidup akan mempengaruhi bagaimana tubuh bekerja. Hal ini pada umumnya terjadi pada karyawan yang sering mengalami perpindahan jam kerja dari siang ke malam dan sebaliknya. Faktor ini menyebabkan datang bulan menjadi tidak teratur atau telat datang setiap bulan.

  1. Konsumsi obat-obatan.

Mengkonsumsi obat baru atau sedang dalam pengobatan akan mempengaruhi siklus bulanan perempuan. Contoh obat yang dapat memperlambat haid datang adalah obat sakit telinga dan obat gatal-gatal.

  1. Badan yang terlalu gemuk.

Terlalu gemuk menyebabkan hormon mengubah siklus menstruasi atau bahkan menghentikannya secara total. Kebanyakan perempuan kembali mengalami siklus menstruasi yang normal setelah berat badannya turun.

  1. Badan yang terlalu kurus.

Kebalikan dengan kegemukan, terlalu kurus juga menyebabkan seorang perempuan mengalami siklus haid yang tidak teratur dan juga dapat menyebabkan haid berhenti sama sekali.

  1. Salah dalam menghitung siklus.

Normalnya panjang satu siklus menstruasi perempuan adalah 28 hari, namun hal ini tidak bersifat paten pada semua perempuan. Siklus menstruasi berbeda pada setiap perempuan. Terkadang ada yang menyebut haidnya terlambat datang padahal yang benar adalah salah hitung. Penyebabnya karena siklus menstruasi kadang datang tidak teratur setiap bulannya.

  1. Pra minipaus.

Kondisi ini adalah saat-saat transisi antara usia produktif ke usia non produktif. Pada saat ini, menstruasi menjadi tidak teratur, kadang banyak, kadang sedikit, kadang juga lama atau pendek.

Menopause adalah sebuah masa dalam hidup perempuan dimana ovulasi tidak akan terjadi lagi. Hal ini adalah kondisi alami tubuh perempuan tetapi bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti efek dari operasi dan kemoterapi.

Ya, haid yang telat datang adalah salah satu ciri perempuan sedang hamil. Untuk memastikan kehamilan tersebut perlu dilakukan tes, bisa menggunakan testpack, atau USG ke dokter kandungan.

Demikian ulasan mengenai telat datang bulan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua, para pembaca yang selalu setia. Selamat membaca dan memahami baik-baik ulasan ini, khususnya bagi para perempuan supaya tidak lagi terlalu khawatir ketika mengalami telat datang bulan.