Luar Biasa Rumput Laut Untuk Ibu Hamil Berikut Ulasanya

     Rumput laut dalam istilah ilmiah disebut dengan ganggang. Secara botani yang dimaksud rumput laut adalah lamun. Rumput laut temasuk anggota alga yang merupakan tumbuhan berklorofil. Rumput laut biasanya berada di pesisir dan laut, beraosiasi dengan ekosistem tumbuhan karang. Biasanya rumput laut dapat hidup di pasir atau karang mati.

Rumput Laut Untuk Ibu Hamil

            Manfaat rumput laut sangatlah banyak, termasuk untuk ibu hamil. Rumput laut bagi ibu hamil terbukti berkhasiat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang sangat diperlukan pada masa kehamilan.

            Kandungan utama rumput laut terdiri dari air yang mencapai 80-90 persen sedangkan kadar protein dan lemaknya sangat kecil, tapi walaupun kecil susunan asam lemak didalamnya ngatlah bermanfaat bagi kesehatan. Lemak rumput laut kaya akan kandungan omega-3 dan omega-6. Kandungan kalori yang ada dalam rumput laut sangat rendah. Dari total semua kandungan karbohidratnya, kurang dari seperempatnya mampu diserap oleh tubuh. Selain itu rumput laut juga mengandung yodium sekitar 2.400-155.000, kandungan yodium yang lebih banyak daripada sayuran dan tumbuhan darat.

Manfaat khusus rumput laut bagi ibu hamil adalah sebagai berikut, kandungan omega-3 dan omega-6 yang terdapat dalam rumput laut tersebut dapat membantu pembentukan membran jaringan otak janin, menyempurnakan bentuk otak dan organ, membantu pembentukan retina dan plasma darah, mengurangi resiko kelainan jantung dan meningkatkan sistem imun pada janin. Kedua omega ini juga bermanfaat untuk meningkatkan jaringan kulit, rambut, kuku dan mencegah kerusakan sel. Kandungan yodium yang terdapat dalam rumput laut dapat mencegah janin terlahir dalam kondisi cacat. Serat yang banyak terkandung dalam rumput laut dapat mencegah terjadinya obesitas berlebihan pada ibu hamil, juga dapat mengatasi keluhan sembelit dan diare. Adapun kandungan air dalam rumput laut sendiri yang mencapai 90 persen akan menimbulkan sensasi segar.