Sayuran untuk Ibu Hamil Apa Saja yang Dianjurkan? Ahli Menjawab

Tahukah AndasSaat seseorang sedang hamil kebutuhan nutrisinya meningkat karena ibu hamil berbagi makanan dengan janin yang dikandungnya. Sayur mayur terbukti sebagai makanan sehat karena kaya kandungan gizi dan nutrisi yang mendukung kesehatan manusia termasuk bagi ibu hamil.

sayuran untuk ibu hamil

Agar setiap sayuran yang dikonsumsi ibu hamil tetap berkhasiat bagi janin, sayuran sehat untuk ibu hamil apa saja yang baik untuk dikonsumsi? Berikut ulasannya!

  1. Brokoli dan bayam

Sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah sayuran berdaun hijau tua. Menurut riset ilmiah membuktikan kalau sayuran ini memiliki vitamin dan nutrisi yang melimpah. Sayuran berdaun hijau tua yang bisa dikonsumsi, seperti brokoli dan bayam. Jenis sayuran ini kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Selain itu jenis sayuran ini juga kaya kandungan asam folat yang sangat bermanfaat bagi bayi saat di dalam kandungan dan termasuk bermanfaat bagi ibu hamil.

  sayur-mayur ibu hamil

  1. Daun Singkong

Daun singkong juga mempunyai warna hijau tua. Berdasarkan riset ilmiah, daun ini kaya akan kandungan antioksidan yang sangat berfungsi dalam melawan serangan radikal bebas. Ternyata tidak hanya itu manfaat dari daun singkong, karena daun ini juga berkhasiat dalam mencegah serangan tumor dan kanker.

  1. Daun Katuk

Daun katuk dipercaya sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Melalui riset ilmiah telah terbukti kalau daun katuk sangat berkhasiat dalam melancarkan pancaran Air Susu Ibu (ASI). Sehingga banyak produk susu khusus ibu hamil dan ibu menyusui yang mengandung daun katuk.

  1. Kedelai Jepang

Walaupun nama makanan ini adalah kedelai, tapi edamame atau kedelai Jepang tidak masuk dalam kategori kacang-kacangan, tapi masuk dalam kategori sayur mayur. Sesuai dengan namanya kedelai berkualitas ini memang berasal dari negara Jepang. Kedelai Jepang ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada kedelai pada umumnya. Di negara asalnya, jenis kedelai ini biasa disajikan dalam bentuk sup atau disantap sebagai camilan dengan rasa yang gurih. Kedelai Jepang ini kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K, fosfor, kalium, mangan, protein, riboflavin, magnesium dan zat besi. Kedelai Jepang ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil, karena mengandung protein tinggi yang bisa menggantikan protein pada ikan, daging, ayam dan protein hewani lainnya.

sayuran ibu hamil

Daripada ibu hamil mengkonsumsi suplemen multivitamin, lebih baik menyantap sayuran sehat yang kaya akan kandungan vitamin. Karena sayuran terbukti lebih sehat tanpa efek samping berbahaya. Ibu hamil harus mewaspadai konsumsi vitamin A yang berlebihan, karena bisa mencetus bayi lahir cacat. Suplemen vitamin B6 dan B12 bisa menghambat keseimbangan tubuh dan sistem saraf. Efek buruk yang ditimbulkannya adalah kerusakan hati, diare, muntah dan sebagainya. Apapun bentuk suplemen multivitamin, sayur mayur terbukti lebih baik bagi ibu hamil.