Daftar Sayuran untuk Ibu Menyusui Recomended untuk Dikonsumsi

            Saah satu orang yang amat sangat perlu untuk mengonsumsi banyak makanan yang mengandung nutrisi selain ibu hamil adalah ibu menyusui. Walaupun sudah melahirkan, asupan nutrisi tetap penting lho. Apapun yang dikonsumsi oleh ibu, akan dikonsumsi juga oleh bayi yang sedang menyusui sehingga asupan makanan yang bergizi tetaplah harus dijaga. Salah satu makanan yang banyak mengandung nutrisi adalah sayuran. Sayuan mengandung banyak manfaat yan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi ibu menyusui. Lalu sayuran apa saja yang baik untu ibu menyusui?

  1. Bayam Merah

            Bayam kaya akan vitamin B6, zat besi, protein, thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, C, E, dan K. Bayam juga baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh bayi agar kuat. Ini didapat dari vitamin B6. saat menyusui, kebutuhan vitamin B6 ibu satu kali lebih tinggi dibanding wanita yang tidak menyusui atau hamil. Jadi, konsumsi bayam lebih banyak dari biasanya akan menambah kandungan vitamin B6 dalam ASI. Bayam rendah kalori, sama sekali tidak mengandung lemak, tapi kaya nutrisi. Pilih bayam yang warna pekat, hijau atau merah. Kepekatan warna, salah satu ciri kandungan karoten yang lebih banyak, bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Namun sebaiknya dalam mengonsumsi bayam, dilakukan sekali makan karena sayur bayam tidak boleh dipanasi ulang.

  Sayuran Untuk Ibu Menyusui

  1. Daun Katuk

            Daun katuk kaya protein, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan vitamin C. katuk juga mengandung alkaloid dan sterol yang mempengaruhi produksi ASI. Dalam 100 gr daun katuk juga terkandung 239 mg vitamin C, sudah jauh lebih cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu menyusui, yakni 95 mg. Dengan mengonsumsi sayur daun katuk, ibu tak perlu lagi minum suplemen vitamin C. Daun katuk baik untuk memperlancar ASI karena mengandung asam seskuiterna. Menurut penelitan volume ASI bisa meningkat hingga 50% setelah mengonsumsi daun katuk.

Sayuran Ibu sMenyusui

  1. Daun Pepaya

Selain buahnya, bunga dari buah pepaya juga baik untuk melancarkan ASI. Bunga pepaya kaya vitamin A dan vitamin C. Bunga yang berwarna kuning pucat mengandung kalsium dan fosfor. Konsumsi bunga pepaya dapat mempercepat proses pencernaan protein karena adanya enzim papain (terdapat juga di buah dan daunnya). Enzim itu berguna untuk memecah protein, apalagi saat menyusui dibutuhkan protein sekitar dua kali lipat dibanding kebutuhan normal. Bunga papaya juga bisa merangsang nafsu makan.

Sayuran Menyusui

  1. Pare

            Pare kaya vitamin C, anti oksidan yang berguna untuk melindungi sel dari kerusakan, meningkatkan kesehatan tulang, gigi, gusi dan pembuluh darah, serta meningkatkan penyerapan zat besi. Kandungan senyawa fitokimia lutein dan likopennya juga berkhasiat untuk merangsang produksi insulin. Baik untuk ibu menyusui yang menderita diabetes mellitus karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Pare juga dikenal sebagai antikanker, antibiotik antivirus, dan pembasmi cacing usus.