SEMUA TENTANG CUKA UNTUK IBU HAMIL PAHAMILAH

Apakah saat sedang hamil diperbolehkan mengkonsumsi cuka? Jawabannya adalah boleh-boleh saja kok, yang terpenting pandai-pandailah menilai batas kemampuan diri anda.

Saat hamil, kadang makanan yang rasanya asam membuat makanan tersebut terasa menyegarkan dan membantu mengurangi keluhan mual pada trimester pertama. Saat hamil muda umumnya anda merasakan keluhan mual dan muntah, sehingga tidak jarang ibu hamil menginginkan sesuatu yang terasa segar di mulut. Salah satunya makanan asam dan mengandung cuka.

Makanan makanan yang asam memang boleh, asalkan dikonsumsi sewajarnya, jadi tetap harus dibatasi jangan tiap hari makan-makanan yang terlalu asam dan mengandung cuka yang berlebihan. Mengapa? Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada kehamilan Anda. Makanan yang asam memang tidak secara langsung berpengaruh pada janin anda, namun berpengaruh pada pencernaan (lambung) anda. Misalnya anda dalam sehari terlalu banyak makan-makanan yang asam, hal ini bisa menimbulkan diare yang bisa berlanjut menjadi gangguan dehidrasi sehingga membahayakan kehamilannya Anda sendiri.

Tiap wanita memiliki kondisi kesehatan yang tidak sama. Misalnya wanita yang mengalami gangguan pencernaan seperti maag tentu berbeda dengan yang tidak punya riwayat maag. Oleh karena itu, agar kehamilan berjalan sehat dan nyaman, kenali diri sendiri.

Memang tidak mudah menahan keinginan apalagi saat ngidam, namun tetap kendalikanlah diri anda untuk makanan dan minuman yang asam. Terlalu banyak mengonsumsi makanan/minuman yang asam juga akan membuat lambung tak nyaman. Bahkan bukan tidak mungkin akan menyebabkan perlukaan di usus bila rasa asam itu berasal dari cuka atau bahan-bahan nonbiologis lainnya. Terutama bagi mereka yang sebelumnya sudah menderita gangguan maag.