Apa Suplemen Kalsium untuk Ibu Menyusui? Ini Dia Jawabnya

          Tidak berbeda dengan ibu hamil, ibu menyusui juga sangat membutuhkan asupan nutrisi yang banyak, asupan nutrisi tersebut tidak hanya bermanfaat untuk ibu saja namun juga bermanfaat untuk bayi yang disusuinya. Salah satu nutrisi yang penting untuk ibu menyusui adalah kalsium.

                Kalsium adalah mineral penting yang paling banyak dibutuhkan manusia. Kalsium membantu pembentukan tulang dan gigi dan diperlukan untuk pembekuan darah, transmisi sinyal pada sel saraf, dan kontraksi otot. Kalsium membantu mencegah osteoporosis. Dari semua kalsium yang terkandung dalam tubuh manusia, 99% terletak di tulang dan gigi.
Kalsium juga tampaknya berperan dalam menurunkan tekanan darah, dan terbukti mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler pada wanita post-menopause.

Suplemen Kalsium Untuk Ibu Menyusui

            Kadar kalsium dalam tubuh ibu berkurang sangat banyak pada saat menyusui. Hal ini disebabkan oleh tubuh anda yang memberikan asupan kalsium yang diperlukan bagi bayi. Selain itu, setelah melahirkan kadar esterogen dalam tubuh anda akan berkurang drastis, kadar kalsium dan kadar esterogen yang rendah mengakibatan wanita jarang hamil ketika sedang menyusui. Kadar kalsium yang rendah pada tubuh anda akan menyebabkan kepadatan tulang anda berkurang. Sebanyak 3 hingga 5 % kepadatan tulang anda akan berkurang pada 10 hingga 18 minggu menyusui. Para ahli menganjurkan ibu menyusui untuk mengonsumsi kalsium setidaknya sekitar sebanyak 1200 mg per hari.

            Dari uraian di atas, dapat dilihat bahwa kalsium sangat penting bagi tubuh. Terkadang bagi ibu menyusui mengonsumsi makanan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, sehingga ibu menyusui perlu asupan suplemen yang mengandung kalsium. Lalu suplemen apa yang bagus untuk ibu menyusui? Berikut adalah tips untuk memilih suplemen yang bagus untuk untuk ibu menyusui

  1. Bahan alami organik. Diekstrak dari sumsum tulang sapi. Bukan terbuat dari bahan batu kapur.
  2. Kandungan kalsium mencapai 1000 mg.
  3. Aman untuk dikonsumsi karna kadar penyerapan mencapai 95%. Tidak mengendap diginjal menjadi batu ginjal
  4. Telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI dan Halal MUI. Aman dan halal untuk dikonsumsi

            Salah satu contoh merek suplemen mengandung kalsium yang aman bagi ibu hamil seperti suplemen CDR, Softgel Green Word, Tiens dll. Namun walaupun begitu yang perlu diingat adalah bahwa suplemen hanya bersifat pelengkap saja, ibu menyusui haruslah tetap mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk mencukupi kebutuhan kalsiumnya.