Tips Sederhana Atasi Asma pada Anak Simpel but Powerfull

Penyakit Asma yang terjadi pada anak-anak sangat unik. Anak yang cenderung mengalami penyakit asma adalah anak-anak yang membawa gen tertentu dan anak ini pada usia tertentu terpapar zat alergen dengan jumlah tertentu pula sehingga hal ini menyebabkan alergi pada paru-paru mereka. Apabila salah satu dari orang tua memiliki riwayat penyakit asma ataupun alergi, maka resiko salah satu penyakit ini diturunkan ke anak mereka adalah 50%. Namun demikian jika keduanya pernah mengalami salah satu dari dua jenis penyakit itu maka resiko diturunkan pada anak akan meningkat menjadi 80%.

Alergen yang memicu terjadinya asma yang umum terjadi pada anak-anak adalah debu, udara dingin, serbuk sari, bulu binatang peliharaan, jamur dan lainnya. Sedangkan faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya penyakit asma adalah adanya infeksi virus. Infeksi sinus juga menjadi salah satu pemicu penyakit asma yang tidak boleh dianggap sepele.

Beberapa gejala anak terserang asma adalah:

  1. Pada malam hari anak mulai diserang dengan batuk kering yang disertai pula dengan pilek.
  2. Pada awalnya anak akan menderita sesak napas, namun kondisi ini terjadi secara periodik, bukan hanya itu sesak napas ini juga akan disertai dengan napasyang berbunyi.
  3. Rasa gatal mulai menyerang daerah dada atau tenggorokan.
  4. Gejala lebih lanjut dan parah adalah penderita sulit bernafas, terjadinya letargi yaitu kesadaran yang mulai menurun, dan timbulnya warna biru pada kulit akibat kurang oksigen.

asma pada anak

http://alesanarock.com Cara mengobati penyakit Asma ringan pada anak yang tidak terlalu sering berhadapan dengan alergen yaitu biasanya dokter akan memberikan obat untuk menghilangkan gejala napas berbunyi, napas pendek, dan batuk. Bronchodilator biasanya diberikan pada anak dengan gejala penyakit asma ringan untuk melonggarkan aliran udara yang tersumbat. Penyakit Asma yang lebih akut dan sering kambuh dimungkinkan sudah mulai terjadi peradangan. Oleh sebab itu obat anti radang biasa ditambahkan sebagai terapi pengobatan. Obat anti radang yang dipilih umumnya dari jenis steroid atau cortisteroid.

Cara-cara yang harus Anda lakukan untuk mencegah asma menyerang anak Anda, adalah:

  1. Hindari alergen yang memicu terjadinya alergi.
  2. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  3. Hindarkan rumah dari asap rokok, bau bahan kimia yang tajam, asap obat nyamuk, dan berbagai bahan-bahan yang menyengat hidung.
  4. Hindari makan goreng-gorengan, minuman dingin, kacang-kacangan dan minuman bersoda.
  5. Batasi aktivitas anak, terutama kegiatan yang menguras tenaga.
  6. Hindari penggunaan pil tidur saat asma menyerang.

Itulah tadi pembahasan mengenai asma yang menyerang anak. Hselalu waspada agar anak Anda tidak terserang asma.