Makan Udang Bagi Ibu Hamil Boleh? Perhatikan Hal Berikut

          Udang adalah salah satu hewan yang hidup di perairan khususnya sungai, laut atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua genangan air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, mauapun air asin pada kedalaman bervariasi dari perairan dangkal sampai beberapa ribu meter di bawah permukaan.

            Udang adalah makanan yang enak dan lezat, namun sayangnya banyak yang mengatakan bahwa makanan ini tidak bagus apabila dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengakibatkan janin terserang eksim dan keracunan. Apakah hal tersebut benar?

udang hamil

            Menurut Laura Riley MD yang merupakan direktur persalinan di Massachusetts General Hospital penulis buku You and Your Baby: Pregnancy, udang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Udang adalah saltu jenis makanan laut yang rendah merkuri. Contoh makanan aut yang rendah merkuri lainnya adalah seperti ikan Salmon, Pollack, Sarden dan ikan Lele sangat aman dikonsumsi ibu hamil. Namun walaupun diperbolehkan sebaiknya ibu hamil membatasi konsumsi jenis-jenis ikan ini agar tidak lebih dari 350 Gram perminggu. Laura Riley juga menasehati agar para ibu hamil membeli makanan yang memang menyediakan produk-produk yang disiapkan dengan baik, segar dan dalam keadaan benar-benar matang.

makan udang ibu hamil

            Yang seharusnya dihindari oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan adalah ikan laut yang mengandung banyak merkuri seperti ikan Hiu, Dori, Tilefish dan ikan Makarel. Ikan yang tinggi kandungan merkuri dapat memicu sel kanker pada janin. Udaang yang sudah tidak dalam kondisi segar juga mengandung parasit dan bakteri seprta zat arsenic yang bisa memicu keracunan.

            Lalu bagaimana kesimpulannya? Ibu hamil diperbolehkan makan udang dengan syarat bahwa udang yang di konsumsi adalah udang yang segar, bersih dan dimasak sampai matang. Bagaimana? Kabar baik buat anda yang penggemar udang kan?

udang ibu hamil