Batas Normal Ukuran Perut Ibu Hamil Berapa? Wajib Tahu

Terkadang kita diherankan beberapa fenomena yang terjadi ditengah-tengah masyarakat tentang ukuran perut para perempuan yang sedang hamil memiliki ukuran lingkar perut yang tidak sama. Ada yang baru memasuki usia kehamilan 4 bulan perutnya baru membesar namun ada juga perempuan yang usia kehamilannya sudah 6 bulan Nampak belum terlihat besar.

ukuran perut ibu hamil

Sebenarnya berapakah ukuran perut yang standar bagi perempuan yang sedang hamil? Berikut ini ulasannya.

  1. Rahim yang belum hamil berukuran sebesar telur ayam.
  2. Pada kehamilan 8 minggu, ukuran rahim sebesar telur bebek.
  3. Usia kehamilan 12 minggu, ukuran rahim sebesar telur angsa. Saat itu fundus uteri/ujung atas rahim berada 3 jari di atas tulang simfisis.
  4. Kehamilan 16 minggu, ukuran rahim sebesar kepala bayi atau kepalan tangan orang dewasa dan fundusnya terletak di pertengahan antara tulang simfisis dan pusar.
  5. Kehamilan 20 minggu, fundus berada di bawah pusar.
  6. Kehamilan 24 minggu, fundus berada di atas pusar.
  7. Kehamilan 28 minggu, fundus berada 3 jari di atas pusar.
  8. Kehamilan 32 minggu, fundus di pertengahan antara pusar dan tulang xiphoid.
  9. Kehamilan 36 minggu, fundus berada 4 jari di bawah tulang xiphoid.
  10. Kehamilan 37 minggu, fundus naik sampai 2 jari di bawah tulang xiphoid.
  11. Kehamilan 38 minggu, kalau kepala bayi sudah turun ke dasar panggul, rahim akan turun lagi hingga 4 jari di bawah tulang xiphoid.

Dengan demikian, dari usia kehamilan 1-12 minggu sebenarnya ibu hamil belum bisa meraba pembesaran rahimnya. Lantaran di usia kehamilan ini, rahim masih terlindung dalam tulang panggul. Jadi, kalaupun kita merasa perutnya besar, itu cuma perubahan hormon karena pembesaran sel-sel.” Lain hal jika kehamilan sudah di atas usia 12 minggu, maka fundus rahim sudah keluar dari rongga panggul hingga ibu pun bisa meraba ada sesuatu yang keras dan bergerak- gerak di perutnya. Demikian artikel http://alesanarock.com tentang ukuran perut ibu hamil. Semoga bermanfaat.