Apa Aja Fungsi Zat Besi untuk Ibu Hamil? Bahasan Unik Pakar

Dalam proses kehamilan, terutama diusia kehamilan trimester ke-dua seorang wanita akan memproduksi lebih banyak darah untuk menunjang pertumbuhan janin yang dikandungnya. Produksi darah yang banyak (sekitar 50% lebih banyak dari biasanya) digunakan oleh tubuh untuk melakukan transportasi nutrisi dari ibu ke janin melalui plasenta.

Pada saat proses produksi darah ini, zat besi dibutuhkan sebagai bahan pembentuk haemiglobin. Tanpa kecukupan zat besi, kadar haemoglobin dalam darah si ibu akan sangat sedikit sehingga tubuh ibu hamil akan mengalami anemia. Padahal anemia adalah salah satu masalah yang menyebabkan resiko tinggi pada kehamilan.

zat besi ibu hamil

Selain untuk mencegah dan mengatasi anemia selama kehamilan, zat besi bagi ibu hamil juga berperan dalam beberapa kegiatan fisiologis tubuh seperti produksi myoglobin, colagen, dan enzim.

Berikut penjelasannya:

  1. Produksi myoglobin.

Myoglobin adalah protein yang membantu suplai oksigen untuk jaringan otot.  Dengan produksi myoglobin yang cukup, tubuh ibu hamil akan terhindar dari nyeri otot, pegal-pegal, dan asam urat.

  1. Produksi kolagen.

Zat besi untuk ibu hamil juga berperan dalam proses produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri adalah protein yang terdapat dalam tulang dan jaringan ikat tubuh. Dengan jumlah colagen yang cukup, tulang dan jaringan ikat ibu hamil akan terhindar dari masalah serius seperti kehilangan kalsium, kepadatan tulang, dan kanker tulang.

  1. Produksi enzim.

Berbagai jenis enzim dalam sistem metabolisme tubuh juga diproduksi atas bantuan zat besi. Tanpa asupan zat besi yang mencukupi, produksi enzim akan terbahas dan pada akhirnya akan berpengaruh pada kesehatan kehamilan.

Lalu berapakah kebutuhan zat besi bagi ibu hamil?

Jika wanita yang tidak hamil hanya perlu zat besi sebanyak 18 mg per hari, maka kebutuhan zat besi untuk ibu hamil meningkat 50 persen atau sekitar 27 mg per hari. Kebutuhan zat besi untuk ibu hamil tersebut dapat dicukupi melalui konsumsi berbagai makanan sumber zat besi, baik yang berasal dari tumbuhan (nabati) maupun yang berasal dari hewan (hewani). Beberapa contoh makanan yang mengandung zat besi tersebut antara lain telur, daging, kismis, kacang kedelai, kacang hijau, dan lain sebagainya.

Itulah tadi pembahasan mengenai zat besi untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.